Penting Buat Mahasiswa, Ini Tips tentang Cara agar Bisa Lulus Kuliah Tepat Waktu

Kamis, 10 Februari 2022 | 09:27 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Penting Buat Mahasiswa, Ini Tips tentang Cara agar Bisa Lulus Kuliah Tepat Waktu

ILUSTRASI. Penting Buat Mahasiswa, Ini Tips tentang Cara agar Bisa Lulus Kuliah Tepat Waktu.


PERGURUAN TINGGI -  Setiap mahasiswa tentunya ingin lulus tepat waktu sesuai dengan waktu yang disarankan. Lulus kuliah berapa tahun? Contohnya seperti jenjang S1, idealnya mahasiswa bisa lulus pada semester ke-8 atau 4 tahun masa kuliah.

Namun tidak semua mahasiswa bisa lulus sesuai dengan waktu yang ideal tersebut. Ada beberapa faktor yang membuat mahasiswa terlambat lulus hingga harus terus mengambil SKS perkuliahan dan semester.

Nilai mata kuliah yang belum memenuhi batas minimal untuk mengambil skripsi, cuti kuliah, hingga masalah pribadi dan skripsi yang membutuhkan penelitian yang cukup lama. 

Padahal semakin banyak SKS dan semakin lama Anda lulus membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika lulus lebih lama dari waktu yang disarankan juga akan mempengaruhi kesempatan kerja karena terkendala umur yang tua. 

Baca Juga: 4 Teori Masuknya Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia

Berikut ini tips tentang cara agar mahasiswa bisa lulus kuliah tepat waktu yang dirangkum dari unggahan Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek.

Komitmen

Agar lebih siap menghadapi perkuliahan, buat komitmen yang kuat sebelum semester baru datang. Dengan memiliki komitmen yang kuat, Anda bisa lebih terbantu untuk mencapai tujuan. 

Cari tahu mata kuliah yang akan dipelajari di semester yang akan berjalan. Anda juga bisa menemui doesn wali atau pembimbing untuk meminta saran agar bisa mendapatkan gelar akademik tepat waktu. 

Skala prioritas

Setiap hal memiliki skala prioritas yang berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. 

Bagi pelajar yang ingin lulus tepat waktu, jadikan kuliah sebagai prioritas terpenting Anda. Jika memungkinkan, Anda bisa mengambil mata kuliah di semester atas agar SKS per semester lebih banyak dan bisa lebih cepat selesai. 

Baca Juga: Siswa Masih Bisa Registrasi Akun LTMPT hingga 15 Februari 2022, Simak Caranya Ini

Proaktif

Manfaatkan segala fasilitas yang disediakan kampus untuk menunjang perkuliahan mahasiswa. Anda bisa proaktif dengan meminta bantuan dosen, asisten dosen, penasihat akademik, dan sesama mahasiswa. 

Tanyakan hal-hal yang kira-kira bisa mendukung aktifitas akademis Anda selama di perkuliahan. Selain dosen dan teman mahasiswa, Anda bisa mencari informasi pendukung melalui buku, jurnal ilmiah, dan fasilitas kampus lainnya. 

Manajemen waktu

Tidak sedikit mahasiswa yang terlambat lulus kuliah karena manajemen waktu yang kurang baik. Beberapa diantaranya terlalu fokus dengan kegiatan di luar perkuliahan seperti organisasi kampus hingga pekerjaan sampingan. 

Jika Anda ingin lulus tepat waktu, mulai sekarang perbaiki manajemen waktu Anda. Bagi waktu dengan baik antara kegiatan perkuliahan dengan organisasi atau bekerja secara seimbang. 

Jika jadwal sudah terbentuk Anda perlu disiplin dan komitmen untuk mematuhi pembagian waktu tersebut. 

Tetap ingat bahwa tugas Anda sebagai mahasiswa yang paling utama adalah mengikuti perkuliahan dengan baik agar bisa cepat lulus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru