Perlu dihindari, ini 5 pantangan tekanan darah tinggi

Sabtu, 18 September 2021 | 14:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Perlu dihindari, ini 5 pantangan tekanan darah tinggi

KONTAN.CO.ID - Ada banyak pantangan tekanan darah tinggi yang sebaiknya Anda batasi atau benar-benar Anda hindari. Contohnya adalah makanan yang mengandung garam.

Selain garam, masih banyak jenis makanan lain yang perlu Anda hindari. Dengan begitu, tekanan darah menjadi lebih terkontrol. Ketika hal itu terjadi, risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya bisa menurun.

Tapi, bukan berarti satu-satunya cara menurunkan tekanan darah dengan menghindari makanan dan minuman dalam artikel ini, ya. Anda tetap perlu menerapkan pola hidup sehat lainnya.

Jangan lupa pula untuk tetap berkonsultasi ke dokter supaya kondisi kesehatan terkontrol.

Makanan kaleng

Mengutip dari Good Rx, berbagai jenis makanan kaleng mengandung banyak garam. Maka dari itu, penderita penyakit tekanan darah tinggi perlu menghindari makanan kaleng.

Jika Anda memang ingin mengonsumsinya, pilihlah makanan kaleng dengan kandungan garam yang sangat sedikit.

Baca Juga: Kenali manfaat dan efek samping semangka untuk kesehatan

Alkohol

Tahukah Anda bahwa minuman beralkohol termasuk salah satu pantangan tekanan darah tinggi? Jika Anda mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak, tekanan darah dalam tubuh Anda bisa melonjak dalam waktu singkat.

Jika Anda belum terbiasa meninggalkan minuman beralkohol, mulailah dengan membatasi konsumsinya Untuk laki-laki, sebaiknya tidak minum lebih dari dua minuman beralkohol per hari. Sedangkan untuk wanita sebaiknya tak minum lebih dari satu minuman beralkohol per hari.

Acar

Acar juga termasuk dalam daftar pantangan tekanan darah tinggi, lo. Dalam proses pembuatannya, beberapa jenis makanan diberi banyak garam untuk membunuh bakteri. Karena hal itulah Anda perlu membatasi konsumsi acar, misalnya, kimchi.

Baca Juga: Hipertensi paling banyak jadi penyebab masyarakat gagal divaksinasi Covid-19

Kafein

Kafein termasuk salah satu pantangan tekanan darah tinggi yang perlu Anda hindari.

Ada banyak jenis minuman yang mengandung kafein. Mulai dari kopi, teh, hingga cokelat.

Menurut Good Rx, kafein bisa mengganggu kestabilan tekanan darah. Jika Anda memang ingin minum kopi, cobalah untuk minum kopi dengan kandungan kafein yang lebih rendah.

Makanan berlemak

Supaya tekanan darah tetap terkontrol, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan. Jenis makanan itu mampu meningkatkan jumlah kolesterol. Saat hal itu terus terjadi, bukan tidak mungkin tekanan darah dalam tubuh melonjak.

Selanjutnya: 4 Infused water perontok kolesterol tinggi yang mudah dibuat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru