Persiapan Vaksin Booster, Ini Cara Cek Sertifikat Vaksinasi di Hp

Senin, 10 Januari 2022 | 14:45 WIB Sumber: covid19.go.id,Kompas.com
Persiapan Vaksin Booster, Ini Cara Cek Sertifikat Vaksinasi di Hp

ILUSTRASI. Persiapan Vaksin Booster, Ini Cara Cek Sertifikat Vaksinasi di Hp


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Vaksin Covid-19 booster akan dimulai Rabu, 12 Januari 2022. Simak kembali cara cek sertifikat vaksin Covid-19 di handphone (hp) tanpa menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Cara cek sertifikat di hp tanpa menggunakan aplikasi PeduliLindungi ini mudah dilakukan. Namun, untuk cek sertifikat di hp tanpa aplikasi PeduliLindungi, wajib membutuhkan koneksi internet.

Seperti diketahui, pemerintah telah menjadwalkan pelaksanaan vaksin Covid-19 booster pada 12 Januari 2022. BPOM sudah mengeluarkan izin penggunaan darurat lima vaksin Covid-19 untuk booster.

Lima vaksin Covid-19 yang sudah mendapat izin penggunaan untuk booster adalah:

  • Vaksin Covid-19 Coronavac PT Bio Farma
  • Vaksin Covid-19 Pfizer
  • Vaksin Covid-19 AstraZeneca
  • Vaksin Covid-19 Moderna
  • Vaksin Covid-19 Zifivax.

Vaksin Covid-19 booster akan diberikan gratis untuk masyarat rentan dan peserta program Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Baca Juga: BPOM Keluarkan Izin Penggunaan 5 Merk Vaksin Covid-19 Ini untuk Booster

Program vaksin Covid-19 booster ini terlaksana setelah vakupan vaksinasi dosis 1 dan 2 mencapai target pemerintah.

Satgas Covid-19 mencatat program vaksin Covid-19 dosis 1 hingga Minggu 9 Januari mencapai 170.143.626 orang. Sedangkan realisasi vaksin Covid-19 dosis 2 sebanyak 116.819.952.

Sedangkan penerima vaksin Covid-19 dosis 3 sebanyak 1.326.404 orang. Untuk target sasaran vaksinasi Covid-19 sebanyak 208.265.720 orang.

Setelah suntik vaksin Covid-19 booster, peserta juga akan mendapat sertifikat. Sertifikat vaksin merupakan tanda bukti untuk seseorang yang telah divaksin Covid-19. Sertifikat tersebut juga merupakan syarat atau dokumen penting untuk perjalanan pengguna.

Dilansir dari Kompas.com, untuk cek sertifikat vaksin Covid-19, pengguna dapat melihatnya di aplikasi PeduliLindungi baik via handphone (HP) Android dan iPhone. Sertifikat vaksin Covid-19 juga dapat dicek menggunakan hp melalui browser, tanpa aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19. Aplikasi ini juga memiliki sejumlah fitur, seperti sertifikat vaksin, hasil tes Covid-19, EHAC, aturan perjalanan, teledokter, pelayanan kesehatan, statistik Covid-19, dan daftar vaksin.

Untuk cek sertifikat vaksin Covid-19 di aplikasi PeduliLindungi di HP Android dan iPhone cukup mudah. Berikut ini cara cek sertifikat vaksin Covid-19 di hp:

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 di hp dengan aplikasi PeduliLindungi

  1. Unduh aplikasi Peduli-Lindungi di Play Store (Android) atau Apple App Store (iPhone)
  2. Login ke aplikasi PeduliLindungi menggunakan nomor ponsel atau e-mail Anda
  3. Anda akan menerima kode OTP untuk konfirmasi Pilih ikon paling kiri “Sertifikat Vaksin”
  4. Anda juga dapat cek sertifikat vaksin melalui menu akun Anda yang berada di pojok kiri kemudian pilih “Sertifikat Vaksin”.

Untuk Anda yang tidak mengunduh aplikasi PeduliLindungi dapat mengecek sertifikat melalui situs pedulilindungi.id. Berikut ini cara cek sertifikat vaksin Covid-19 di hp tanpa menggunakan aplikasi PeduliLindungi:

  1. Masuk ke laman https://www.pedulilindungi.id/
  2. Kemudian masuk atau login menggunakan nomor ponsel atau e-mail Anda
  3. Anda akan menerima kode OTP untuk konfirmasi
  4. Klik ikon akun Anda yang berada pada pojok kanan atas
  5. Kemudian pilih “Sertifikat Vaksin”
  6. Selanjutnya akan tampil sertifikat vaksin Anda

Baik melalui aplikasi atau laman pedulilindungi.id, Anda tak hanya dapat cek sertifikat vaksin tapi juga riwayat dan tiket vaksin. Dengan cek sertifikat vaksin Covid-19 di hp, Anda juga bisa download untuk dicetak sendiri.

Itulah cara cek sertifikat vaksin di hp tanpa aplikasi PeduliLindungi. Selamat mencoba!

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru