Petunjuk langkah demi langkah membuat sistem aeroponik

Kamis, 05 Agustus 2021 | 10:45 WIB Sumber: KangTani
Petunjuk langkah demi langkah membuat sistem aeroponik


BUDIDAYA TANAMAN - Aeroponik merupakan salah satu sistem bercocok tanam dengan menghemat lahan sempit sekaligus menghemat air. Alasannya, media tanam yang digunakan aeroponik adalah udara. Namun, tanaman tetap mendapatkan nutrisi lewat semburan air yang berisi larutan zat hara yang diberikan dengan alat bernama sprinkler.

Pembuatan aeroponik sebenarnya tak bisa dibilang terlalu rumit atau mudah, tetapi Anda tetap membutuhkan biaya untuk membeli peralatan seperti pompa dan sprinkle. Jika Anda ingin mencoba membuat aeroponik di rumah, Anda dapat mengikuti langkah-langkah membuat sistem aeroponik ini. Simak yuk!

Baca Juga: Cegah anak obesitas, coba kiat-kiat berikut ini

Alat dan Bahan

Mempersiapkan alat dan bahan adalah yang utama dilakukan, di antaranya adalah pipa PVC ukuran 4 inci, ¾ inci, dan 2 inci. Selanjutnya, Anda membutuhkan rockwool, nozzle sprinkler, styrofoam, pompa air, larutan nutrisi, dan bibit tanaman. Pemilihan bibit tanaman dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan tentunya memenuhi syarat untuk aeroponik, seperti selada, kangkung, bayam, dan sebagainya.

Langkah Merakit Instalasi Tanaman Aeroponik

Dilansir dari kangtani.com, pipa dengan ukuran 4 inci akan digunakan sebagai dasar instalasi aeroponik, potong pipa sepanjang 4 meter. Sesuaikan jumlah pipa menurut kebutuhan Anda. Kemudian, lubangi pipa 4 inci tersebut sesuai dengan ukuran lebar diameter pipa 2 inci.

Setelah jadi, sambungkan pipa 4 inci dan 2 inci secara vertikal. Di bagian ujung bawah pipa, nantinya akan dipasangi sambungan pipa yang menghubungkannya dengan larutan nutrisi.

Baca Juga: Bahaya pakai produk palsu, ini kiat pilih kosmetik yang aman untuk kulit

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru