Ragam Khasiat Minum Air Putih, Salah Satunya untuk Menurunkan Berat Badan

Rabu, 17 Mei 2023 | 17:58 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Ragam Khasiat Minum Air Putih, Salah Satunya untuk Menurunkan Berat Badan


KESEHATAN - Banyak manfaat minum air putih untuk kesehatan tubuh yang bisa didapatkan jika dikonsumsi secara cukup. Manfaat minum air putih juga tidak perlu diragukan lagi dan sudah menjadi kebutuhan.

Selain itu, minum air putih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan berbagai macam organ supaya berfungsi denga lancar pula.

Minum air putih juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh loh. Orang dewasa disarankan untuk minum 8-10 gelas sehari atau sekitar 2-2,5 liter per hari.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan, Apa Saja?

Melansir dari On Health, ada beberapa manfaat minum air putih bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Di antaranya: 

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum air putih yang pertama adalah bisa menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan minum air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berar badan. 

Oleh karena itu memperbanyak minum air putih sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Manfaat Vanila untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

2. Sumber Energi

Minum air putih mempunyai manfaat sebagai salah satu sumber energi. Dengan asupan air putih yang cukup mampu meningkatkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas dan menhindari rasa haus saat menjalankan puasa.

Pasalnya, jika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, hal tersebut akan mengurangi energi dan tubuh tidak berfungsi dengan baik.

3. Melawan Stres

Manfaat minum air putih lainnya adalah mampu melawan stres. Dehidrasi diketahui berkontribusi terhadap stres, kelelahan, kemarahan, suasana hati negatif, dan masalah kognitif semuanya meningkat ketika Anda mengalami dehidrasi. 

Oleh karena itu, Bawalah sebotol air putih setiap saat dan minum setiap setengah jam atau jam di siang hari. Anda akan cenderung tidak mengalami dehidrasi dan merasa stres.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi

4. Meningkatkan Stamina

Air putih juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina saat berolahraga. Pasalnya, Minum air membantu Anda berolahraga lebih lama dan menghindari kram otot. 

Selain itu, Air putih juga  membantu melumasi persendian dalam tubuh sehingga mengurungai risiko cedera.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat minum air putih yang cukup dapat membantu menambah sel-sel kulitloh. Selain itu dapat meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan sehingga Anda terlihat lebih muda. 

Air putih juga mendukung detoksifikasi dan membantu mengeluarkan racun dan kotoran dari tubuh yang membuat kulit kusam. Tetap terhidrasi dengan baik untuk mendukung sirkulasi dan aliran darah yang baik, yang semuanya akan membantu kulit Anda bersinar. 

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan, Yuk Simak!

6. Baik Untuk Pencernaan

Manfaat minum air putih selanjutnya, baik untuk sistem pencernaan Anda. Hal tersebut dikarenakan Air dan serat bekerja sama untuk membuat Anda tetap teratur dan menghindari sembelit. 

Selain itu, Air putih mengencerkan limbah dan membantu menghilangkan racun dari saluran pencernaan. 

Baca Juga: 8 Manfaaf Buah Jambu Air Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

7. Baik untuk Kesehatan Ginjal

Minum air putih yang cukup juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Pasalnya, asupan cairan tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat mencegah dan mengurangi risiko munculnya batu ginjal atau berbagai penyakit ginjal lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru