Rasa gatal hilang, cek 4 cara menghilangkan ketombe ini

Kamis, 05 Agustus 2021 | 10:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Rasa gatal hilang, cek 4 cara menghilangkan ketombe ini

ILUSTRASI. Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan ketombe.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketombe jadi salah satu masalah yang sering dialami banyak orang. Jika Anda salah satu orang yang mengalami masalah itu, ada beberapa cara menghilangkan ketombe yang dapat Anda lakukan. Misalnya, dengan memanfaatkan bahan alami.

Umumnya, ketombe terbentuk dari penumpukan bakteri dan jamur di kulit kepala yang berminyak. Hal itu menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman. Jika terus dibiarkan, bisa saja kulit kepala Anda terluka sehingga kulit kepala lebih berisiko mengalami infeksi.

Ada banyak produk penghilang ketombe yang bisa Anda temukan di pasaran. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa jenis bahan alami. Namun, jika ketombe tak kunjung hilang, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Minyak Kelapa dan Lemon

Femina India (femina.in) menyebutkan bahwa minyak kelapa bisa jadi salah satu obat ketombe. Selain menenangkan kulit kepala, bahan alami itu juga mampu melawan bakteri dan parasit lain penyebab ketombe.

Langkah yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campur 3-5 sdm minyak kelapa dengan air perasan lemon. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada kulit kepala lalu diamkan dulu selama sekitar 60 menit. Setelah itu, cuci rambut dengan sampo hingga benar-benar bersih.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi rambut rontok, bisa pakai bahan alami

Cuka Apel

Cara menghilangkan ketombe berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah memakai cuka apel. Kandungan dalam cuka apel mampu membersihkan kotoran dan menyeimbangkan pH kulit kepala sehingga rasa gatal dan ketombe pun berkurang.

Karena mengandung zat asam yang cukup tinggi, jangan lupa untuk mencampur cuka apel dengan air terlebih dahulu, ya. Gunakan air tersebut pada rambut 30 menit sebelum menggunakan sampo. Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah untuk memakainya dua kali dalam seminggu.

Yogurt dan Pepaya

Bahan alami lain yang direkomendasikan Femina India untuk menghilangkan ketombe adalah yogurt. Antiinflamasi dan efek dingin yang terdapat dalam yogurt efektif mengurangi ketombe dan kulit kepala yang gatal.

Untuk memaksimalkan efeknya, Anda perlu mencampur setengah gelas yogurt dengan pepaya matang yang sudah dihaluskan. Gunakan campuran itu pada rambut selama 30 menit lalu bilas dengan sampo yang biasa Anda pakai.

Baca Juga: Bahan-bahan alami yang dapat mengatasi rambut rontok

Lidah Buaya

Lidah buaya dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe.

Lidah buaya tak boleh ketinggalan dari daftar cara menghilangkan ketombe. Selain itu, lidah buaya juga berguna untuk melembutkan dan memperkuat rambut sehingga rambut rontok dapat Anda hindari.

Caranya, pijatkan gel lidah buaya pada rambut dan kulit kepala selama 15 menit. Setelah itu, diamkan dulu selama 30 menit sebelum Anda membilasnya dengan sampo. Anda hanya perlu melakukan cara tersebut sebanyak satu kali dalam sebulan.

Selanjutnya: 4 Bahan ini bisa menghilangkan kutu rambut

Editor: Belladina Biananda
Terbaru