CLOSE [X]

Segera Berlaku, Ini Cara Beli Pertalite & Solar dengan QR Code Tanpa Hp & Aplikasi

Kamis, 07 Juli 2022 | 08:23 WIB Sumber: Kompas.com
Segera Berlaku, Ini Cara Beli Pertalite & Solar dengan QR Code Tanpa Hp & Aplikasi

ILUSTRASI. Segera Berlaku, Ini Cara Beli Pertalite & Solar dengan QR Code Tanpa Hp & Aplikasi


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara beli bahan bakar minyak (BBM) Pertalite dan Solar subsidi menggunakan QR code tanpa aplikasi dan handphone (hp). Pertamina segera memberlakukan pembatasan pembelian Pertalite dan Solar subsidi dengan menggunakan QR code.

Pembatasan pembelian Pertalite dan Solar subsidi dengan QR code ini adalah bagian dari program penyaluran BBM subsidi tepat sasaran. Harga minyak mentah dunia sedang tinggi, pemblian Pertalite dan Solar subsidi harus tepat sasaran agar anggaran subsidi energi tidak membengkak.

PT Pertamina Patra Niaga telah membuka pendaftaran pemilik kendaraan untuk pembelian Pertalite dan Solar subsidi pada laman subsiditepat.mypertamina.id mulai 1 Juli 2022. Setelah mendaftar dan terkonfirmasi, nantinya masyarakat akan mendapatkan QR Code untuk membeli BBM subsidi, yakni Pertalite dan Solar di SPBU.

Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mencatat terdapat 50.000 kendaraan yang melakukan pendaftaran MyPertamina. “Sejak 1 Juli sampai hari ini, kami mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat yang telah mendaftarkan kendaraannya di website subsiditepat.mypertamina.id,” jelas Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting dalam keterangan resmi, Selasa (5/7). 

Saat ini pengguna (user) aplikasi MyPertamina juga bertambah sebanyak 4 juta dalam waktu 4 hari dari berbagai daerah di Indonesia. Besarnya antusiasme untuk menjadi pengguna MyPertamina menunjukkan para pengguna kendaraan bermotor antusiasme dengan langkah yang dilakukan Pertamina.

Lantas, seperti apa cara membeli Solar subsidi dan Pertalite di SPBU menggunakan QR Code tersebut?

Baca Juga: Kenaikan Harga BBM Dinilai Dapat Menekan Pelaku Industri Serta Masyarakat

Cara beli Pertalite dan solar

Mengutip Kompas.com, cara atau tutorial pembelian BBM subsidi Pertalite dan Solar menggunakan QR Code telah diinformasikan akun Facebook resmi MyPertamina, Minggu (3/7/2022). "Begini sob caranya gunain QR Code tanpa HP untuk kendaraan yang sudah terdaftar di website subsiditepat.mypertamina.id," tulis MyPertamina.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting membenarkan ihwal cara membeli Solar subsidi dan Pertalite menggunakan QR Code tanpa hp tersebut.

Menurut Irto, cara membeli Pertalite dan Solar Subsidi dengan QR code tanpa hp cukup sederhana. "Betul, simple kan ya," ujarnya, saat dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Rabu (6/7/2022) siang.

Berikut cara membeli Pertalite dan Solar Subsidi dengan QR code tanpa hp:

  • Datang ke SPBU terdekat
  • Siapkan print out QR Code atau kode QR kendaraan yang sudah terdaftar pada laman subsiditepat.mypertamina.id
  • Berikan QR Code tersebut kepada operator di SPBU
  • QR Code akan di-scan oleh operator SPBU untuk verifikasi
  • Dilakukan pengisian BBM seperti biasa
  • Pembayaran masih bisa dilakukan dengan uang tunai Selesai.

Cara daftar di subsiditepat.mypertamina.id

Dilansir dari laman subsiditepat.mypertamina.id, berikut tahapan pendaftaran MyPertamina:

  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan, yaitu KTP, STNK, foto kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya
  • Buka website subsiditepat.mypertamina.id
  • Centang informasi memahami persyaratan
  • Klik daftar sekarang Ikuti instruksi dalam website tersebut
  • Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala
  • Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

 

Itulah cara membeli BBM Pertalite dan Solar subsidi menggunakan QR code tanpa hp dan aplikasi MyPertamina. Semoga bermanfaat!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru