Sejarah dan Kumpulan Twibbon IPNU 24 Februari 2024 yang Bisa Diunggah di Medsos!

Rabu, 21 Februari 2024 | 10:56 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Sejarah dan Kumpulan Twibbon IPNU 24 Februari 2024 yang Bisa Diunggah di Medsos!

ILUSTRASI. Kumpulan twibbon Harlah IPNU 2024.


AGAMA DAN KEPERCAYAAN - Tanggal 24 Februari 2024 memperingati Hari Lahir Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama atau Harlah IPNU ke-70. Twibbon Harlah IPNU 2024 bisa diunggah di media sosial untuk memperingati momen tersebut. 

IPNU merupakan badan otonom NU untuk kalangan pelajar dan santri dengan usia maksimal 30 tahun. Kelahiran IPNU diawali dengan tumbuhnya organisasi-organisasi yang bersifat lokal. 

Twibbon Harlah IPNU 2024 pun bisa diunggah di media sosial untuk memperingati momen tersebut. Apalagi ada beragam desain Harlah IPNU 2024 yang bisa diunggah di media sosial. 

Lantas, seperti apa contoh twibbon Harlah IPNU 2024 yang bisa diunggah di media sosial?

Baca Juga: 25 Ucapan Harlah IPNU 70 dengan Semangat Penuh Makna

Sejarah IPNU atau Ikatan Pelajar NU

Sejarah Harlah IPNU

Sejarah kelahiran IPNU diawali dengan tumbuhnya organisasi-organisasi yang bersifat lokal. Beberapa organisasi lokal tersebut adalah perkumpulan Tsamortul Mustafidin dan Persatoean Santri NO (Persano) di Surabaya pada 11 Oktober 1936. 

Kemudian, Persatoean Anak Moerid NO (PAMNO) dan Ikatan Moerid NO di Malang pada 1941. Lalu, Ijtimaul Tolabah NO (ITNO) pada 1946 di Sumbawa dan di Madura pada 1945 didirikan sebuah perkumpulan bernama Syubbanui Muslimin.

Dikutip dari laman NU Online, perkumpulan pelajar yang lahir pada masa revolusi kemerdekaan merupakan upaya dari kalangan pesantren untuk membantu perjuangan kemerdekaan. 

Namun, aktivitas organisasi-organisasi yang bersifat lokal tersebut mulai menurun. Tetapi, gagasan untuk menyatukannya dalam sebuah wadah bersama yang sifatnya nasional di bawah naungan NU justru semakin berkembang. 

Baca Juga: Kumpulan Twibbon Hari Jadi Banjarnegara 2023, Download Logonya di Sini

Pada 1950-an lahirlah beberapa organisasi yang menjadi embrio IPNU yakni: 

  • Ikatan Siswa Muballighin NO (Iksimno) di Semarang (1952)
  • Persatuan Peladjar NO (Perpeno) di Kediri (1953)
  • Ikatan Peladjar Islam NO (IPINO) di Bangil (1953)
  • Ikatan Pelajar NO (IPNO) di Medan (1954) 

Pada Februari 1954 di Semarang, muncul gagasan pembentukan wadah tunggal di tingkat nasional yang disampaikan dalam Konferensi Besar LP Ma’arif NU. 

Baca Juga: Download Logo Harlah PMII 2023 ke-63, Penggerak Bangsa Memimpin Nusantara

Para penyampai ide adalah para pelajar dari Yogyakarta, Surakarta, dan Semarang yaitu M Softan Kholil, Mustahal, Ahmad Masyhud, dan AbdulghaniFarida M. Uda. 

Akhirnya, pada 20 Jumadil Akhir 1373 H/24 Februari 1954 M, Konferensi Besar menyetujui beridirinya organisasi Ikatan Peladjar Nadhlatul Ulama (IPNU) dan mengangkat Mohammad Tolchah Mansoer yang saat itu tidak hadir sebagai Ketua Pimpinan Pusat. 

Konferensi juga memutuskan bahwa IPNU berasaskan Ahlussunnah wal Jama’ah dan hanya beranggotakan putra saja yang berasal dari pesantren, madrasah, sekolah umum, serta perguruan tinggi. 

Tujuan IPNU adalah menegakkan dan menyiarkan agama Islam, meninggikan dan menyempurnakan pendidikan serta ajaran-ajaran Islam, dan menghimpun seluruh potensi pelajar Islam yang berpaham Aswaja tidak hanya mereka yang berasal dari sekolah-sekolah NU. 

Baca Juga: 15 Twibbon Harlah IPNU yang Diperingati Setiap 24 Februari, Yuk Simpan dan Pakai

Twibbon Harlah IPNU 2024

Berikut kumpulan twibbon Harlah IPNU 2024 yang bisa diunggah di media sosial:

Cara menggunakan link twibbon Harlah IPNU 2024

Sementara itu, berikut adalah cara membagikan link twibbon Harlah IPNU 2024 di media sosial:

  • Silahkan membuka link twibbon Harlah IPNU 2024 yang ada di artikel ini. 
  • Anda juga dapat mengakses situs twibbonize.com dan memasukkan kata kunci terkait Harlah IPNU 2024 untuk memilih twibbon Harlah IPNU 2024 yang disukai.   
  • Klik opsi Choose Photo/Pilih Foto untuk menentukan foto mana yang hendak digunakan pada template twibbon Harlah IPNU 2024. 
  • Anda dapat menyesuaikan ukuran dan posisi foto dengan cara menggeser atau zoom in/out foto pada area yang tersedia di twibbon Harlah IPNU 2024.
  • Setelah foto sudah pas, klik Crop/Selanjutnya lalu klik Download/Unduh Foto untuk mengunduh twibbon Harlah IPNU 2024 yang tadi sudah diedit.   
  • Foto yang sudah diunduh bisa dipajang pada platform media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, Line, Telegram, dan masih banyak lagi.  

Itulah cara menggunakan link twibbon Harlah IPNU 2024 di media sosial. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru