Sejarah dan Link Twibbon Hari Armada Nasional 5 Desember 2023, Yuk Ramaikan di Sosmed

Selasa, 05 Desember 2023 | 06:32 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Sejarah dan Link Twibbon Hari Armada Nasional 5 Desember 2023, Yuk Ramaikan di Sosmed

ILUSTRASI. Twibbon Hari Armada Republik Indonesia 2023.


HARI PENTING - Hari Armada Nasional 2023 diperingati pada setiap tanggal 5 Desember. Tahun ini adalah peringatan Hari Armada Nasional yang ke-78. Sejarah Hari Armada Nasional berkaitan dengan lahirnya Armada RI. 

Armada RI adalah kesatuan di Tentara Nasional Indonesia atau TNI yang bertanggung jawab sebagai kekuatan tempur Angkatan Laut.  

Tema Hari Armada Nasional ke-78 adalah "Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju". Ada berbagai macam rangkaian kegiatan yang dilalukan dalam rangka memperingati Hari Armada Nasional.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Armada Republik Indonesia 2023, Cocok Jadi Caption Instagram

Seperti lomba olahraga, donor darah, bersih-bersih lingkungan, upacara tabur bunga dan puncaknya Upacara Militer Hari Armada yang dilaksanakan secara terpusat di Satuan Koarmada I Pondok Dayung Jakarta pada 5 Desember 2023. 

Twibbon Hari Armada Nasional 2023 juga bisa diunggah di media sosial untuk memeriahkan momen lahirnya Armada RI. 

Lantas, seperti apa sejarah Hari Armada Nasional dan contoh twibbon Hari Armada Nasional yang bisa diunggah di sosial media? 

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Relawan Internasional 2023, Cocok Dikirim ke Teman

Sejarah Hari Armada Nasional 

Sejarah Hari Armada Nasional

Sejarah Hari Armada dimulai pada awal periode perang kemerdekaan. Saat itu, kekuatan Armada masih berupa kapal-kapal kayu dan perahu dengan persenjataan yang sangat sederhana.  

Dirangkum dari laman Komando Armada I dan Kominfo Jatim, Armada Rl telah berhasil melaksanakan berbagai operasi di laut untuk mempertahankan kemerdekaan. Seperti keberhasilan Armada RI dalam misi penerobosan blokade laut Belanda. 

Selain itu ekspedisi lintas laut juga sukses dilakukan dalam rangka pengiriman pejuang kemerdekaan untuk mengobarkan semangat perjuangan di berbagai daerah di luar Pulau Jawa.

Sejak pengakuan kedaulatan NKRI, Armada RI secara bertahap mulai menambah kekuatannya dengan menerima penyerahan kapal dari Belanda dan pengadaan dari negara-negara lain.

Baca Juga: ​Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional Bulan Desember 2023, Ada Hari Ibu

Dengan kekuatan yang ada ini, Armada Rl telah berperan dalam penumpasan berbagai pemberontakan di tanah air, seperti pemberontakan Andi Azis, RMS, DI/TII dan PRRI Permesta. 

Selanjutnya kekuatan laut sebagai suatu Armada berdasarkan Surat Keputusan Kasal No A 4/2/10 tanggal 14 September 1959 dikukuhkan menjadi Komando Armada RI dan diresmikan tanggal 5 Desember 1959.

Saat ini, berdasarkan Surat Keputusan Panglima ABRl Nomor: Kep. 171 / III / 1985 tanggal 30 Maret 1985 Armada RI dibagi menjadi dua kawasan wilayah kerja, yaitu Armada RI Kawasan Barat dan Armada RI Kawasan Timur. 

Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Kasal No. Skep / 4033 / Xl / 1987/ tanggal 17 Nopember 1987, bahwa hari lahirnya Armada Rl ditetapkan pada tanggal 5 Desember, yang untuk selanjutnya disebut sebagai Hari Armada.

Baca Juga: Militer China Tuding Angkatan Laut AS Masuki Perairan Teritorialnya Secara Ilegal

Twibbon Hari Armada Nasional 2023 

Berikut kumpulan twibbon Hari Armada Nasional 2023:

Baca Juga: 25 Ucapan Hari Armada Republik Indonesia yang Diperingati 5 Desember

Cara membagikan link twibbon Hari Armada Nasional 2023

Sementara itu, berikut adalah cara membagikan link twibbon Hari Armada Nasional 2023 di media sosial:

  • Silahkan membuka link twibbon Hari Armada Nasional 2023 yang ada di artikel ini. 
  • Anda juga dapat mengakses situs twibbonize.com dan memasukkan kata kunci terkait Hari Armada Nasional 2023 untuk memilih twibbon Hari Armada Nasional 2023 yang disukai.   
  • Klik opsi Choose Photo/Pilih Foto untuk menentukan foto mana yang hendak digunakan pada template twibbon Hari Armada Nasional 2023.
  • Anda dapat menyesuaikan ukuran dan posisi foto dengan cara menggeser atau zoom in/out foto pada area yang tersedia di Hari Armada Nasional 2023.
  • Setelah foto sudah pas, klik Crop/Selanjutnya lalu klik Download/Unduh Foto untuk mengunduh twibbon Hari Armada Nasional 2023 yang tadi sudah diedit.   
  • Foto yang sudah diunduh bisa dipajang pada platform media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, Line, Telegram, dan masih banyak lagi.  

Itulah cara menggunakan link twibbon Hari Armada Nasional 2023 di media sosial. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru