Simak manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh

Kamis, 05 Agustus 2021 | 11:00 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Simak manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh


KESEHATAN - Cuka apel adalah obat herbal serba guna yang disebut-sebut dapat memberikan efek positif bagi kesehatan. Sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno, cuka dari buah apel merupakan salah satu bahan pengobatan yang banyak dipakai oleh ahli kesehatan di masa lalu. 

Cuka apel adalah minuman yang dibuat dengan cara melumatkan apel dan memeras cairannya. Setelah cairan apel didapat, nantinya akan dimasukkan bakteri dan ragi untuk memulai proses fermentasi alkohol. 

Selain ragi, ditambahkan juga gula dalam cairan apel yang akan diubah menjadi alkohol. Dalam proses fermentasi kedua, alkohol diubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat (acetobacter). 

Baca Juga: Dispenser jarang dibersihkan? Yuk, bersihkan sendiri di rumah!

Cuka yang diperoleh dari proses fermentasi panjang ini juga menyisakan komponen seperti asam asetat, asam gallic, katekin, dan lain-lain. Ini menjadikan cuka memiliki manfaat sebagai antioksidan serta antibakteri. 

Berkat adanya kandungan senyawa yang sangat beragam, berikut ini adalah beberapa manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi cuka apel secara teratur dapat menurunkan kadar lemak dalam darah (lipid). Menurunkan kadar lipid dapat membantu mencegah penyakit jantung, yang menjadi salah satu faktor penyebab disfungsi ereksi (impotensi) pada pria. 

2. Menurunkan berat badan

Kabar gembira bagi Anda yang sedang berupaya untuk menurunkan berat badan. Ini karena kandungan asam asetat pada cuka apel rupanya dapat membantu membakar lemak, meningkatkan metabolisme tubuh, serta dapat menekan nafsu makan.

Baca Juga: Drakor D.P. di Netflix rilis 4 poster, aksi para tentara mengejar pengkhianat militer

3. Menurunkan kadar gula darah

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Universitas Arizona, cuka apel dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes,. Hal ini dapat membantu menjaga kadar gula darah mereka tetap dalam batas normal.

4. Meredakan diare

Cuka apel terbuat dari ekstrak apel yang difermentasi. Fermentasi apel ini menghasilkan senyawa pektin yang membantu mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus. Keberadaan bakteri baik di usus ini sangat baik bagi pencernaan, karena dapat melancarkan saluran cerna serta mencegah peradangan pada organ cerna. 

Dikutip dari Medical News Today, sebuah penelitian membuktikan bahwa cuka apel memiliki sifat antibiotik alami yang dapat menghancurkan bakteri E.coli dan juga Salmonella.

Selanjutnya: Manfaat Bawang Putih Ampuh Turunkan Kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru