Stres karena pekerjaan? Ini tips work life balance untuk mengurangi stres Anda

Minggu, 19 September 2021 | 06:10 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Stres karena pekerjaan? Ini tips work life balance untuk mengurangi stres Anda


TIPS & TRIK - Stres berlebihan bisa disebabkan oleh pekerjaan dan bisa mengganggu kesehatan mental. Karenanya, pekerja perlu menerapkan work life balance dengan baik.  

Tidak jarang, pekerja melupakan kehidupan pribadinya dan fokus pada pekerjaan. Imbasnya, mereka sering merasa stres karena pekerjaan tersebut. 

Namun, ada juga pekerja yang lalai pada pekerjaannya karena terlalu mementingkan kehidupan pribadi. Hal ini tentu sangat merugikan perusahaan dan pekerja tersebut.

Karena itu, Anda perlu menerapkan work life balance dengan baik. Dengan cara tersebut, Anda bisa mendapatkan kehidupan pribadi dan produktivitas di kantor yang baik.

Mari simak tips tentang work life balance yang baik di bawah ini yang dihimpun dari The Muse dan Forbes:

Baca Juga: Ini kriteria peserta & jadwal sesi susulan Seleksi Kompetensi Tahap 1 PPPK Guru 2021

  • Membuat batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi

Agar work life balance Anda berjalan dengan baik, buat batasan-batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. 

Setelah pulang kantor, usahakan untuk tidak mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. 

Cobalah untuk menghindari membuka chat atau email yang tentang pekerjaan. Cara ini bisa membuat kehidupan Anda lebih sehat karena masalah pribadi dan pekerjaan tidak tercampur.

  • Jangan membuang waktu pada hal-hal yang tidak penting

Gunakan waktu Anda untuk hal-hal yang menyenangkan untuk mengembalikan mood dan tenaga. Setelah bekerja seharian, pastinya Anda membutuhkan istirahat. 

Meski begitu, terkadang teman Anda meminta untuk bertemu atau bermain. Jika tidak terlalu penting, lebih baik dihindari. 

Obrolan yang tidak penting justru membuat energi Anda terkuras. Bisa saja Anda justru tambah stres karena tidak cukup istirahat.

  • Berolahraga

Berolahraga bisa membuat pikiran dan tubuh lebih segar dan sehat. Kegiatan ini bisa membantu mengurangi stres akibat pekerjaan yang menumpuk.

Kadar endorfin pada tubuh akan meningkat dengan berolahraga. Endorfin tersebut membantu tubuh mengurangi rasa sakit dan stres serta membuat tubuh lebih rileks.

Contoh olahraga yang pas untuk work life balance adalah yoga. Selain yoga, Anda bisa memilih olahraga lain yang pas untuk Anda.  

Baca Juga: Bank BTN buka kembali lowongan kerja tahun 2021, penempatan di berbagai kota besar

  • Bergaul dengan orang lain

Bertemu dan bersosialisasi dengan orang lain bisa menjaga Anda dari stres. Cara ini bisa membuat program work life balance Anda berjalan lebih baik.

Sempatkan waktu untuk bertemu dengan orang baru atau berkumpul dengan sahabat dekat.

Namun demikian, tetap prioritaskan diri Anda. Jika memang Anda butuh istirahat, lebih baik hindari pertemuan yang tidak penting.

  • Manfaatkan akhir pekan dengan baik

Rata-rata pekerja bekerja selama 5-6 hari dalam seminggu. Artinya, akhir pekan atau hari libur menjadi saat-saat dimana pekerja bisa istirahat secara total.

Meskipun hanya 1-2 hari saja, manfaatkan waktu libur dengan sebaik-baiknya agar work life balance Anda maksimal.

Manfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat, jalan-jalan, atau melakukan hobi. Memaksimalkan waktu libur bisa menanggulangi stres selama bekerja. 

Selanjutnya: Daftar Kartu Prakerja? Ini cara cek status kelulusan Gelombang yang Anda daftar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru