Sudah Tahu Belum? Begini Caranya Mematikan Laptop atau PC Sampai Benar-benar Mati

Minggu, 12 Mei 2024 | 07:30 WIB   Penulis: Arif Budianto
Sudah Tahu Belum? Begini Caranya Mematikan Laptop atau PC Sampai Benar-benar Mati

ILUSTRASI. Sudah Tahu Belum? Begini Caranya Mematikan Laptop atau PC Sampai Benar-benar Mati


TIPS & TRIK - Begini caranya mematikan laptop Windows sampai benar-benar mati, coba tips mudah ini sekarang. Apakah Anda sudah mematikan laptop atau mungkin PC atau komputer sampai benar-benar mati? Cobain tips menarik dan mudah ini, berikut pembahasan lengkapnya.

Mematikan atau shut down laptop atau komputer atau PC bukan hal yang sulit bagi kebanyakan penggunanya. Namun, tahukah Anda apakah ketika Anda mematikan atau shut down laptop sudah benar-benar mematikan laptop tersebut?

Sebagai informasi tambahan, Microsoft mengadopsi fitur yang membuat OS besutan mereka, yaitu Windows agar dapat menyala dengan cepat dengan hadirnya fitur fast startup atau yang disebut juga dengan hybrid shutdown.

Berkat fitur tersebut, pengguna laptop Windows dapat menyalakan laptop dan menyelesaikan waktu booting dengan cepat. Apa lagi kalau menggunakan SSD, booting jadi semakin cepat.

Namun demikian, ternyata fitur fast startup pada Windows yang secara default atau bawaan sudah diaktifkan ini tidak benar-benar membuat laptop Anda mati ketika melakukan shut down.

Windows

Baca Juga: Begini Cara Cek Windows Berapa di Laptop, Bisa Dipahami Pemula dengan Mudah

Jika Anda mungkin ingin tahu lebih lanjut, coba cek pada Task Manager, pada bagian informasi Performance lihat waktu Up time. Apakah laptop atau komputer Anda baru menyala sebentar atau ternyata sudah menyala selama beberapa jam?

Dilansir dari Makeuseof, ketika mematikan laptop ketika fitur fast startup aktif, pada dasarnya laptop tersebut hanya mengeluarkan pengguna, menghibernasi semua file, dan ketika menyalakan selanjutnya cukup dengan melanjutkan posisi terakhir ketika dimatikan.

Dengan demikian, waktu untuk menyalakan laptop atau PC jadi lebih cepat. Alih-alih memulai dari awal, Windows akan kembali bekerja setelah hibernasi sehingga dapat mengurangi waktu booting secara drastis.

Jika Anda ingin mematikan laptop atau komputer benar-benar mati, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara mematikan laptop Windows sampai benar-benar mati:

  1. Langkah pertama, tekan Start menu
  2. Lalu klik tombol Power
  3. Kemudian pilih Shut down
  4. Perhatikan, sebelum klik Shut down, tekan dan tahan tombol Shift kemudian pilih Shut down

Jika Anda mematikan laptop dengan cara tersebut, maka laptop atau komputer akan benar-benar mati. Sekarang Anda lihat bagian up time pada Task Manager, apakah mulai dari 0 lagi?

Meskipun fitur fast startup ini menguntungkan, bagi sebagian pengguna akan kesulitan mengakses Bios atau melakukan dual boot dikarenakan hard drive terkunci.

Baca Juga: Tidak Bisa Memindahkan Chat WhatsApp Android ke iPhone? Ini yang Harus Anda Lakukan

Demikian informasi tentang cara mematikan laptop atau shut down sampai benar-benar mati. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Pertamina Patra Niaga Affirms Continuation of Distributing Pertalite to the Community

Menarik Dibaca: Resep Langsing dan Kurus, Coba Olahraga Penurun Berat Badan Ini yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru