Sumber Vitamin C, Khasiat Air Jeruk Nipis Bisa Mengontrol Gula Darah

Selasa, 31 Oktober 2023 | 10:46 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie, kompas.com
Sumber Vitamin C, Khasiat Air Jeruk Nipis Bisa Mengontrol Gula Darah

ILUSTRASI. Sebagai sumber vitamin C yang sangat baik, jeruk nipis dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.


KESEHATAN - Manfaat air jeruk nipis untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Air jeruk nipis adalah minuman segar yang terbuat dari perasan jeruk nipis. 

Minuman herbal ini dikenal memiliki banyak manfaat. Jeruk nipis adalah merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, yakni zat yang melindungi tubuh dengan mencegah atau menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, atau bahan kimia yang merusak sel. 

Buah ini juga juga merupakan sumber yang baik untuk dan nutrisi seperti kalium, kalsium, magnesium, serta vitamin A, B, C, dan D. Salah satu manfaat mengonsumsi air jeruk nipis adalah untuk mengontrol gula darah, khususnya bagi penderita diabetes. 

Manfaat konsumsi air jeruk nipis terhadap gula darah 

Dikutip dari laman Healthline, sebagai sumber vitamin C yang sangat baik, jeruk nipis dapat bermanfaat bagi penderita diabetes. 

Jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah dan membantu mengatur bagaimana tubuh menyerap gula ke dalam aliran darah. Hasilnya, jeruk nipis dapat membantu mencegah perubahan gula secara berlebihan sepanjang hari. 

Sejalan dengan itu, dilansir dari laman Diabetic Health Clinic, jeruk nipis sangat baik untuk penderita diabetes karena mengandung serat larut. 

Serat larut menstabilkan kadar glukosa darah dan memperlambat kapasitas tubuh untuk menyerap gula ke dalam aliran darah. 

Serat juga membantu mengurangi tekanan darah dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Peradangan pembuluh darah juga berkurang menangkal efek peradangan gula. 

Baca Juga: 9 Penyebab Tenggorokan Kanan Sakit yang Perlu Diwaspadai dan Cara Mengatasinya

Diabetes sering kali menyebabkan kerusakan pembuluh darah, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Serat larut dapat membantu mengurangi peradangan pembuluh darah. 

Jeruk nipis mengandung bioflavonoid penting yang membantu memperkuat dinding kapiler dan mencegah memar dan pendarahan. Bioflavonoid ini juga diketahui dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. 

Manfaat kesehatan lainnya dari air jeruk nipis

Melansir Healthline, berikut adalah manfaat lain dari air jeruk nipis:

1. Meremajakan kulit

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang memperkuat kolagen. Minum air jeruk nipis dapat menghidrasi dan meremajakan kulit Anda. Vitamin C dan flavonoid juga ditemukan di beberapa produk perawatan kulit topikal.

2. Meningkatkan pencernaan

Minum air jeruk nipis melancarkan pencernaan. Jeruk nipis bersifat asam dan membantu air liur memecah makanan untuk pencernaan yang lebih baik. Selain itu, flavonoid dalam jeruk nipis merangsang sekresi cairan pencernaan.

Jika Anda mengalami sembelit, keasaman jeruk nipis dapat melancarkan sistem ekskresi dan merangsang aktivitas usus.

Baca Juga: Ini 6 Makanan untuk Kesehatan Prostat yang Wajib Dikonsumsi

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru