Tak banyak yang tahu, coba 4 pelembab untuk kulit kering ini, yuk

Senin, 25 Oktober 2021 | 08:32 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak banyak yang tahu, coba 4 pelembab untuk kulit kering ini, yuk

ILUSTRASI. Anda bisa memanfaatkan bahan alami sebagai pelembab untuk kulit kering.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelembab merupakan satu hal penting yang perlu Anda gunakan jika memiliki tipe kulit kering. Selain memakai produk-produk yang ada di pasaran, pelembab untuk kulit kering juga bisa Anda temukan dari bahan-bahan alami.

Apabila kulit kering tak dirawat dengan baik, ada banyak masalah kulit yang mungkin Anda alami. Misalnya, kulit kering biasanya dibarengi dengan munculnya rasa gatal. Hal itu meningkatkan keinginan Anda untuk menggaruk sehingga risiko infeksi kulit pun bisa Anda alami.

Supaya kelembaban kulit tetap terjaga, usahakan untuk memakai bahan-bahan alami berikut ini secara rutin, ya. Namun, apabila kesehatan kulit tak kunjung membaik, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Apel, Minyak Zaitun, Air Mawar

Mengutip dari The Channel 46 (thechannel46.com), apel, minyak zaitun, dan air mawar mengandung banyak vitamin dan mineral yang efektif melembabkan kulit. Langkah yang harus Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, haluskan satu buah apel lalu tambahkan 1 sdt minyak zaitun. Hangatkan sebentar sembari mengaduknya. Setelah itu, tambahkan beberapa tetes air mawar lalu masukkan dalam kulkas. Gunakan campuran itu untuk melembabkan kulit Anda sebanyak satu kali dalam satu minggu.

Baca Juga: Tak banyak yang tahu, ini 6 manfaat minum air hangat

Yogurt

Yigurt berguna sebagai pelembab untuk kulit kering.

Bukan lagi jadi rahasia apabila yogurt digunakan sebagai pelembab untuk kulit kering. Selain itu, yogurt juga bisa mencerahkan warna kulit, lo. Caranya, aplikasikan yogurt pada kulit selama 10-15 menit. Kemudian, bersihkan dengan air hangat.

Minyak Almond, Madu, Butter Cokelat, dan Air Mawar

Pelembab untuk kulit kering berikutnya bisa Anda buat dengan mengombinasikan 1 sdm minyak almond, 1 sdm madu, 2 sdm butter cokelat, dan beberapa tetes air mawar. Anda perlu mengencerkan minyak almond dan butter cokelat terlebih dahulu sebelum mencampurnya dengan bahan lain.

Baca Juga: 4 Cara mengobati bisul, pakai kunyit dan bahan alami lain

Lidah Buaya dan Vitamin E

Gunakan lidah buaya dan bahan alami lain sebagai pelembab untuk kulit kering.

Melansir The Channel 46, antioksidan, enzim, dan nutrisi lain yang terkandung dalam lidah buaya bisa terserap kulit secara maksimal sehingga kelembaban kulit pun terjaga. Untuk memaksimalkan hasilnya, Anda perlu mencampur segelas gel lidah buaya dengan beberapa tetes vitamin E.

Setelah teraduk rata, gunakan campuran itu untuk melembabkan kulit. Anda bisa menyimpan gel lidah buaya yang belum terpakai dalam sebuah wadah kemudian simpak di kulkas. Selain melembabkan, rutin memakai gel lidah buaya dan vitamin E juga mampu melembutkan kulit.

Selanjutnya: Cari obat alergi gatal? Anda bisa coba 4 bahan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru