Tak banyak yang tahu, ini 4 cara menghilangkan uban

Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:26 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak banyak yang tahu, ini 4 cara menghilangkan uban

ILUSTRASI. Salah satu manfaat teh hitam adalah dipakai sebagai cara menghilangkan uban.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Uban merupakan salah satu tanda penuaan. Namun, tidak sedikit pula orang-orang yang memiliki uban meski masih berusia muda. Jika Anda mengalami masalah yang sama, cara menghilangkan uban dalam artikel ini bisa Anda praktikkan.

Stres, ketidakseimbangan hormon, dan pola hidup yang kurang sehat adalah beberapa faktor yang dapat jadi penyebab uban. Tentunya, Anda perlu mengatasi penyebab-penyebab itu terlebih dahulu supaya kemunculan uban dapat berkurang.

Jika memang dibutuhkan, Anda bisa membicarakan kondisi tubuh Anda ke dokter. Selain itu, cobalah untuk memakai bahan-bahan alami di bawah ini. Usahakan untuk melakukannya secara teratur agar uban bisa hilang.

Teh Hitam

Femina India (femina.in) mengatakan bahwa teh hitam bisa jadi salah satu bahan alami penghilang uban. Selain itu, antioksidan yang terdapat dalam teh hitam pun efektif menguatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut terlihat lebih berkilau.

Pertama, rebus 2 sdm teh hitam dalam 2 gelas air. Jangan lupa untuk menambahkan 1 sdt garam dalam air rebusan itu, ya. Setelah mendidih, diamkan sebentar lalu gunakan untuk membilas rambut Anda secara menyeluruh.

Baca Juga: 4 Penyebab uban di usia muda plus cara mencegahnya

Minyak Almond dan Lemon

Cara menghilangkan uban bisa pakai minyak almond dan lemon.

Cara menghilangkan uban berikutnya yang patut dicoba adalah memakai minyak almond dan lemon. Campur dua bahan alami itu dengan perbandingan 2:3. Setelah teraduk rata, aplikasikan campuran itu pada kulit kepala dan rambut selama 30 menit.

Selanjutnya, bersihkan rambut memakai sampo yang biasa Anda pakai. Vitamin E yang terkandung dalam minyak almond mampu mencegah kemunculan uban. Sedangkan lemon dipenuhi nutrisi yang membuat rambut lebih sehat.

Daun Kari dan Minyak Kelapa

Melansir Femina India, uban bisa diatasi dengan kombinasi daun kari dan minyak kelapa. Anda perlu memanaskan 3 sdm minyak kelapa dan segenggam daun kari terlebih dahulu lalu aplikasikan ke seluruh rambut selama minimal satu jam. Setelah itu, bersihkan memakai sampo.

Baca Juga: 7 Penyebab uban muncul di usia muda, sebagian besar bisa dicegah

Kulit Kentang

Kulit kentang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan uban.

Tahukah Anda bahwa kulit kentang dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan uban? Zat tepung yang ada di kulit kentang mampu menjaga pigmen rambut sehingga kemunculan uban bisa Anda cegah.

Pertama, rebus lima hingga enam kulit kentang dalam dua gelas air. Setelah mendidih, saring air rebusan itu dan diamkan sebentar. Anda perlu mencuci rambut dengan sampo seperti biasa kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk membilas rambut. Untuk hasil maksimal, gunakan cara tersebut dua kali dalam seminggu.

Selanjutnya: Cara menghilangkan uban secara alami saat usia masih mudah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru