Tak perlu obat, gunakan bahan alami ini untuk menurunkan darah tinggi

Selasa, 22 Juni 2021 | 18:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak perlu obat, gunakan bahan alami ini untuk menurunkan darah tinggi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menurunkan darah tinggi tidak hanya menggunakan obat-obatan apotik. Ada bahan alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Ada banyak orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Apalagi bagi Anda yang sudah berusia tua dan menerapkan pola hidup yang kurang sehat. Supaya kondisi Anda tak semakin parah, ada baiknya untuk mulai rutin mengonsumsi obat herbal tekanan darah tinggi.

Meski ada banyak jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mengontrol tekanan darah, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat. AFPA (afpafitness.com) merekomendasikan Anda untuk rajin olahraga. Mulailah dengan olahraga selama 10 menit per hari.

Seiring berjalannya waktu, Anda bisa menambah waktu dan intensitas olahraga. Selain itu, batasi konsumsi garam dan alkohol. Efek pola hidup sehat itu akan semakin terasa saat Anda memasukkan beberapa jenis makanan ini dalam menu yang Anda konsumsi sehari-hari.

Bawang Putih

Senyawa yang terkandung dalam bawang putih efektif menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Akibatnya, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga tekanan darah lebih terkontrol. Anda bisa mengonsumsi bawang putih secara langsung atau mengkombinasikannya dengan makanan bergizi yang lain.

Baca Juga: Cara mencegah serangan jantung kambuh lagi

Delima

Delima termasuk salah satu obat herbal tekanan darah tinggi yang bisa Anda jadikan pilihan. Cobalah untuk mengonsumsi 60 ml jus delima setiap hari agar plak dan kolesterol yang mengganggu aliran darah berkurang. Saat aliran darah lebih lancar, tekanan darah menjadi lebih stabil. Risiko penyakit jantung pun dapat turun.

Wortel

Wortel jadi bahan alami selanjutnya yang cocok dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kalium dan antioksidan yang terdapat dalam wortel efektif menurunkan tekanan darah. Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi wortel juga mampu menjag afungsi jantung dan ginjal.

Jahe

jahe termasuk salah satu obat herbal tekanan darah tinggi.

Mengutip dari APFA, jahe termasuk jenis rempah yang mampu menurunkan tekanan darah. Cobalah untuk merebus jahe dalam air selama lima menit terlebih dahulu. Setelah itu, minum air rebusan jahe secara rutin agar tekanan darah lebih terkontrol.

Baca Juga: Jus buah segar yang efektif menurunkan gula darah dan darah tinggi

Cokelat Hitam

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi cokelat hitam bisa jadi cara menurunkan tekanan darah? Cokelat hitam mengandung flavonoid yang mampu memperlebar pembuluh darah. Dengan begitu, tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Putih Telur

Putih telur juga termasuk dalam daftar obat herbal tekanan darah tinggi, lo. Cobalah untuk mengonsumsi dua hingga tiga putih telur per hari agar kebutuhan tubuh akan protein terpenuhi. Dengan konsumsi rutin, peptida yang terdapat dalam putih telur mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Selanjutnya: Perhatian baik-baik pemicu dan ciri-ciri serangan jantung saat olahraga

Editor: Belladina Biananda
Terbaru