Tanda-Tanda Akun Instagram Disuspend dan Cara Memulihkannya

Sabtu, 31 Agustus 2024 | 15:15 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Tanda-Tanda Akun Instagram Disuspend dan Cara Memulihkannya

ILUSTRASI. Ilustrasi pengguna Instagram. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.


INSTAGRAM - JAKARTA. Simak cara memulihkan akun Instagram yang terkena suspend. Berbagai platform media sosial kini memperketat aktivitas pengguna dengan peraturan dan daftar pelanggaran komunitas.

Hal ini berlaku juga untuk platform Meta yang menaungi Facebook, Instagram, hingga WhatsApp. Kondisi yang umum terjadi adalah kendala supensi pada akun seperti Instagram.

Suspend akun Instagram adalah tindakan yang dilakukan oleh Instagram untuk menonaktifkan sementara akun pengguna karena pelanggaran terhadap kebijakan platform.

Suspensi ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan, termasuk pelanggaran terhadap pedoman komunitas, penggunaan akun secara tidak sah, atau aktivitas mencurigakan seperti penggunaan bot atau spam.

Baca Juga: Ini 6 Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Akun Facebook

Tanda-Tanda Akun Instagram Disuspend

Pengguna Aplikasi

Ada beberapa ciri-ciri yang perlu diketahui oleh pengguna.

  • Tidak Dapat Login: Saat mencoba masuk, pengguna akan mendapatkan pesan bahwa akun mereka telah dinonaktifkan atau tidak dapat diakses.
  • Pesan dari Instagram: Instagram biasanya mengirimkan notifikasi atau email yang memberi tahu pengguna bahwa akun mereka telah dinonaktifkan atau ditangguhkan.
  • Profil Tidak Ditemukan: Akun yang disuspend tidak akan muncul di pencarian, dan jika orang lain mencoba mengunjungi profil tersebut, mereka akan melihat pesan bahwa halaman tidak tersedia.
  • Kehilangan Akses ke Fitur: Pengguna mungkin mengalami kehilangan akses ke fitur tertentu, seperti mengirim pesan, memposting, atau memberikan komentar sebelum akhirnya akun disuspend.

Baca Juga: Periksa Cara Cek Password Akun Instagram Sendiri di HP

Cara Memulihkan Akun Instagram yang Disuspend

Ada beberapa cara memulihkan akun Instagram yang dapat dicoba oleh pengguna.

1. Ajukan Banding

Apabila pengguna yakin bahwa akun Anda disuspend karena kesalahan, Anda bisa mengajukan banding langsung melalui aplikasi Instagram atau situs web.

Pada halaman login, pilih opsi "Learn More" atau "Dapatkan bantuan lebih lanjut" untuk mengikuti langkah-langkah yang diperlukan.

2. Isi Formulir Permohonan Pemulihan Akun

Pihak Instagram meminta pengguna untuk mengisi formulir pemulihan akun yang memerlukan informasi seperti nama pengguna, alamat email, dan alasan mengapa akun seharusnya tidak disuspend.

3. Verifikasi Identitas

Dalam beberapa kasus, Meta termasuk platform Instagram meminta Anda untuk mengirimkan bukti identitas, seperti foto KTP atau paspor, untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik akun.

4. Menunggu Tanggapan

Setelah mengajukan banding, Anda perlu menunggu tanggapan dari Instagram. Jika banding Anda diterima, akun Anda akan dipulihkan. Proses ini bisa memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu.

Pastikn Anda memantau progress dengan email ke developer Instagram untuk mengetahui proses pengecekan tanggapan.

Demikian penjelasan terkait panduan dalam memulihkan akun Instagram yang terkena suspend yang dapat dicoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru