Tanpa obat, ini cara menurunkan kolesterol secara alami,

Jumat, 02 Juli 2021 | 20:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tanpa obat, ini cara menurunkan kolesterol secara alami,

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kolesterol menjadi permasalahan sebagian orang dewasa. Namun tenang, ada cara untuk membantu menurunkan kolesterol secara alami.

Ada banyak dampak buruk yang bisa Anda alami saat jumlah kolesterol dalam tubuh tak terkontrol. Supaya masalah kesehatan lain tak Anda alami, cobalah untuk mengonsumsi beberapa obat herbal kolesterol.

Jika jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, risiko berbagai macam penyakit juga naik. Mulai dari penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, stroke, atau penyakit jantung. Tentu saja hal itu tidak ingin Anda alami, kan?

Selain mengonsumsi beberapa bahan alami berikut ini, cobalah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter bisa memberikan saran lain yang bisa Anda pakai untuk menjaga kesehatan tubuh.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang perlu Anda konsumsi secara rutin untuk mengontrol kolesterol. Mengutip dari Healthline (healthline.com), alpukat mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal dan serat yang mampu menurunkan jumlah kolesterol.

Baca Juga: Kolesterol naik? Air rebusan akar manis bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi

Lemak Ikan

Lemak ikan jadi obat herbal kolesterol lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Ada banyak sumber lemak ikan yang bisa Anda konsumsi, misalnya ikan salmon. Dengan mengonsumsinya secara rutin, jumlah kolesterol baik dalam tubuh dapat bertambah.

Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi lemak ikan mampu meredakan peradangan dan menurunkan risiko stroke. Perlu diingat bahwa sebaiknya mengonsumsi lemak ikan yang dikukus atau direbus, ya. Menggoreng ikan justru bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Cokelat Hitam

Healthline merekomendasikan cokelat hitam untuk mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh Anda. Menurut sebuah penelitian, jumlah kolesterol jahat dapat berkurang saat partisipan penelitian rutin mengonsumsi cokelat dua kali sehari selama satu bulan.

Baca Juga: 12 Cara mengobati asam urat yang mengganggu secara alami

Bawang Putih

Bawang putih termasuk salah satu obat herbal kolesterol yang perlu Anda coba. Senyawa yang terdapat dalam bawang putih bisa menurunkan jumlah kolesterol. Selain itu, mengonsumsi bawang putih juga efektif menjaga kesehatan jantung Anda.

Sayur

Jangan lupa untuk memasukkan sayur dalam menu sehat yang Anda konsumsi setiap hari, ya. Antioksidan dan serat yang terkandung dalam sayur mampu mengontrol berat badan dan kolesterol. Tak hanya itu, sayur juga memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Dengan konsumsi rutin, kesehatan tubuh secara menyeluruh dapat terjaga.

Selanjutnya: 5 Obat Herbal Sakit Perut, Bisa Jadi Alternatif Pilihan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru