Tanpa obat-obatan, ini tips menurunkan kolesterol jahat dalam darah

Jumat, 05 Maret 2021 | 16:45 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Tanpa obat-obatan, ini tips menurunkan kolesterol jahat dalam darah


KESEHATAN - Jakarta. Kolesterol adalah kandungan lemak yang berguna bagi tubuh. Namun apabila kadarnya terlalu tinggi dan terus menumpuk di dalam tubuh, maka bisa berbahaya di dalam tubuh. Banyak cara menurunkan kolesterol.

Kunci cara mengurangi kolesterol adalah dengan menerapkan pola makanan yang baik ditambah dengan gaya hidup yang sehat.

Tanpa upaya mengurangi kolesterol sehingga dibiarkan menumpuk, orang akan mudah terkena penyakit. Kadar kolesterol jahat yang berlebihan di dalam tubuh bisa meningkatkan risiko penyakit gejala kolesterol seperti stroke serangan jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: Minum air rebusan daun jati belanda bermanfaat menurunkan kolesterol

5 Cara menurunkan kolesterol secara alami

Nah berikut ini cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami seperti dikutip dari Harvard Health Publishing, Healthy, Cleveland Clinic, Mayo Clinic, dan Medical News Today

1. Makan makanan kaya serat

Makanan yang mengandung serat tinggi selain bisa memperbaiki saluran pencernaan juga ampuh melawan kolesterol jahat di dalam tubuh. Makanan kaya serat akan menghindarkan dari berbagai macam penyakit.

Serat adalah zat gizi yang tidak dapat dicerna, tapi sangat membantu dalam proses pencernaan makanan. Asupan serat yang cukup bisa menyebabkan feses yang dihasilkan oleh organ pencernaan menjadi banyak dan lunak.

Makanan penurun kolesterol dari serat tinggi bisa didapat dari buah dan sayuran. Beberapa buah dan sayur yang mengandung serat tinggi seperti pir, stroberi, pisang, alpukat, wortel, dan brokoli.

Baca Juga: Minum santan kedelai setiap hari bisa menurunkan kolesterol tinggi

2. Batasi makanan gula

Cara menurunkan kolesterol juga bisa dilakukan dengan membatasi asupan makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Selain terkait dengan diabetes, gula juga sangat mempengaruhi kadar kolesterol.

Semakin tinggi asupan gula yang masuk, akan menyebabkan hari memproduksi lebih banyak kolesterol, termasuk kolesterol jahat di dalam tubuh.

Cara mengurangi kolesterol bisa dilakukan dengan membatasi makanan dan minuman manis. Selain itu, jangan mengonsumsi berlebihan makanan dengan kadar glukosa tinggi seperti makanan sumber karbohidrat.

3. Konsumsi makanan tinggi magnesium

Makanan dengan kandungan magnesium tinggi tenyata efektif mencegah kolesterol jahat menumpuk di dalam tubuh. Ini karena magnesium bisa mencegah penyumbatan dalam aliran darah.

Seperti diketahui, aliran darah yang tersumbat sangat berkaitan erat dengan penyakit yang bersumber dari kolesterol jahat.

Beberapa makanan kaya magnesium antara lain gandung utuh, buah dan sayuran hijau, kacang-kacangan, dan ikan. Makanan penurun kolesterol ini bisa disajikan dalam menu harian.

Baca Juga: Selain nasi, berikut 7 makanan yang mengandung karbohidrat tinggi

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru