Tata cara Sholat Dhuha, bacaan doa, jumlah rakaat, dan waktu melaksanakannya

Senin, 04 Oktober 2021 | 12:40 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tata cara Sholat Dhuha, bacaan doa, jumlah rakaat, dan waktu melaksanakannya

ILUSTRASI. Tata cara Sholat Dhuha, bacaan doa, jumlah rakaat, dan waktu melaksanakannya. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Sholat Dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang mendatangkan banyak manfaat. Bagi Anda yang ingin memulai mengerjakannya, ini tata cara Sholat Dhuha untuk pemula yang bisa disimak. 

Bersumber dari buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap karya Moh. Rifa'i, yang dibagikan Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan (Sumsel), Sholat Dhuha merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu matahari sedang naik. 

Waktu untuk melaksanakan Sholat Dhuha kira-kira saat matahari sedang naik sekitar pukul 7 hingga masuk waktu Dhuhur. 

Sholat Dhuha memiliki jumlah rakaat minimal dua dan sebaiknya dikerjakan sebanyak empat rakaat. Jumlah paling sempurna rakaat pada Sholat Dhuha adalah sebanyak enam rakaat dan maksimal delapan rakaat. 

Baca Juga: Tata cara salat tahajud, bacaan niat dan doa, serta waktu pelaksanaannya

Saat mengerjakan Sholat Dhuha boleh dengan ketentuan empat rakaat dengan satu kali salam. Namun lebih utama jika dikerjakan dengan ketentuan dua rakaat-dua rakaat salam. 

Tata cara dan bacaan doa Sholat Dhuha

Tata cara melaksanakan sholat sunnah ini sebanyak dua rakaat pertama-tama dimulai dengan membaca doa niat Sholat Dhuha yaitu 

Ushalli sunnatadh dhuhaa ro'ataini lillahi ta'aalaa

Artinya: "Aku niat Sholat Dhuha dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Melansir dari laman NU Jawa Tengah, pada dua rakaat sholat yang pertama, disunnahkan untuk membaca surat as-Syams dan membaca surat ad-Dhuhaha pada rakaat kedua setelah membaca al-Fatihah. 

Untuk Sholat Dhuha 4 rakaat, saat dua rakaat berikutnya, setelah membaca al-Fatihah, sunnah untuk membaca surat al-Kafirun dan surat al-Ikhlas pada rakaat kedua. 

Sedangkan untuk Sholat Dhuha setelah empat rakaat, surat yang dibaca setelah al-Fatihah adalah surat Al-Kafirun dan surat al-Ikhlas di setiap sholatnya. 

Baca Juga: Tata cara berwudhu dan doanya yang benar sesuai sunnah

Kemudian, sebaiknya membaca doa berikut ini setelah mengerjakan Sholat Dhuha:

Allahumma innadh dhuhaa'a duhaa'uka wal bahaa'a bahaa'auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-'ismata 'ismatuka. 

Allahumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu'assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu, wa in kaana ba'iidan fa qarribhu bi haqqi dhuhaa'ika wa bahaa'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita 'ibaadakash-shalihiin.

Artinya: 

"Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu waktu dhuhaMu, kecantikan ialah kecantikanMu, keindahan itu keindahanMu, kekuatan itu kekuatanMu, kekuasaan itu kekuasaanMu, dan perlindungan itu, perlindunganMu".

"Ya Allah, jika rizkiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar dimudahkanlah, jika haram disucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan, dan kekuatanMu, limpahkanlah kepada kami segala yang Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh".

Itulah tata cara Sholat Dhuha, jumlah rakaat, bacaan doa, hingga waktu yang tepat untuk melaksanakannya yang bisa dipelajari oleh pemula. 

Setelah membaca informasi di atas, semoga Anda bisa mengerjakan Sholat Dhuha dengan baik sesuai dengan sunnah. 

Selanjutnya: Cara download video TikTok tanpa watermark dan aplikasi, gratis!

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru