​Tema dan Sejarah Hari Donor Darah Sedunia 2024 yang Diperingati 14 Juni

Kamis, 13 Juni 2024 | 05:55 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Tema dan Sejarah Hari Donor Darah Sedunia 2024 yang Diperingati 14 Juni

ILUSTRASI. Tema Hari Donor Darah Sedunia 2024.


KESEHATAN - Hari Donor Darah Sedunia 2024 diperingati pada Kamis, 14 Juni 2024. Sejarah Hari Donor Darah Sedunia mulai diperingati pada 2004 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Tema Hari Donor Darah Sedunia 2024 adalah "20 Years of Celebrating Giving: Thank You, Blood Donors!". 

Artinya, "20 tahun merayakan memberi: terima kasih para donor darah!". Peringatan 20 tahun Hari Donor Darah Sedunia adalah kesempatan yang tepat untuk berterima kasih kepada para pendonor darah di seluruh dunia atas sumbangan mereka yang menyelamatkan jiwa selama bertahun-tahun. 

Tujuan peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2024 juga untuk menghormati pendonor yang memberikan dampak besar terhadap pasien dan pendonor. Hal ini juga merupakan saat yang tepat untuk mengatasi tantangan yang terus berlanjut. 

Serta mempercepat kemajuan menuju masa depan dimana transfusi darah yang aman dapat diakses secara universal. Lantas, seperti apa sejarah Hari Donor Darah Sedunia? 

Baca Juga: 25 Twibbon Hari Donor Darah Sedunia 2024, Cocok untuk Jadi Foto Profil

Sejarah Hari Donor Darah Sedunia

Sejarah Hari Donor Darah Sedunia mulai diperingati pada 2004 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menyadarkan akan perlunya donor darah untuk menyelamatkan nyawa. 

Donor darah sangat penting untuk sistem kesehatan internasional dan hanya dapat berasal dari donor darah sukarela. Pemilihan tanggal 14 Juni sebagai peringatan Hari Donor Darah Sedunia lantaran pada momen tersebut adalah hari ulang tahun Karl Landsteiner.

Dr. Landsteiner memenangkan Hadiah Nobel Kedokteran pada tahun 1930 untuk penemuannya dalam mengklasifikasikan golongan darah.

Baca Juga: Gelar Kegiatan Donor Darah, Presiden Direktur BCA: Melanjutkan Tradisi Rutin

Karl Landsteiner adalah orang pertama yang mengklasifikasikan darah manusia menjadi golongan A, B, AB, dan O. Temuannya merevolusi transfusi darah dan mengarah pada praktik transfusi darah antara orang-orang dengan golongan darah yang cocok.

Hal ini membantu memodernisasi dan meningkatkan keamanan transfusi darah.

Sebelum ada sistem penggolongan darah A,B, AB, dan O oleh Karl Landsteiner transfusi darah sering mengalami kendala berupa penggumpalan darah. 

Sebab pada waktu itu, dunia kedokteran belum mengetahui bahwa golongan darah tertentu hanya dapat menerima transfusi darah dari golongan darah yang sama.  

Baca Juga: 25 Ucapan Hari Donor Darah Sedunia 2024 yang Diperingati Setiap 14 Juni

Tema Hari Donor Darah Sedunia 2024

Dirangkum dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), tema Hari Donor Darah Sedunia 2024 adalah "20 Years of Celebrating Giving: Thank You, Blood Donors!". Artinya, "20 tahun merayakan memberi: terima kasih para donor darah!". 

Tujuan kampanye:

  • Berterima kasih dan menghargai jutaan pendonor darah sukarela yang telah berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan jutaan orang di seluruh dunia.
  • Menampilkan pencapaian dan tantangan program darah nasional serta berbagi praktik terbaik dan pembelajaran.
  • Menyoroti perlunya donasi darah secara teratur dan tidak berbayar untuk mencapai akses universal terhadap transfusi darah yang aman.
  • Mempromosikan budaya donor darah secara teratur di kalangan generasi muda dan masyarakat umum serta meningkatkan keragaman dan keberlanjutan kelompok donor darah.

Demikian sejarah Hari Donor Darah Sedunia dan tema Hari Donor Darah Sedunia 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru