Tidak pakai sabun, inilah 4 cara membersihkan wajah

Kamis, 24 Juni 2021 | 09:11 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tidak pakai sabun, inilah 4 cara membersihkan wajah

ILUSTRASI. Oatmeal yang telah dihaluskan bisa jadi cara membersihkan wajah. Kontan/Alri kemas

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara membersihkan wajah yang umum dilakukan banyak orang adalah menggunakan sabun cuci muka. Namun, sering kali sabun yang Anda pakai justru merusak kondisi kulit Anda. Hal itu dapat menimbulkan berbagai macam masalah kulit yang mengganggu.

Alih-alih menggunakan sabun cuci muka yang dijual di pasaran, cobalah untuk membersihkan wajah dengan bahan-bahan alami. Dengan pemakaian rutin, tak hanya kebersihan wajah Anda yang terjaga, tapi kondisi kulit bisa lebih sehat.

Meski demikian, usahakan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kulit khusus. Dengan konsultasi, Anda bisa mendapat saran bahan alami apa yang tepat untuk Anda pakai.

Oatmeal

Mengutip dari India.com, oatmeal adalah eksfoliator yang efektif membersihkan kotoran di kulit wajah Anda. Anda hanya perlu mencampur sedikit oatmeal yang telah dihaluskan dengan air hingga berbentuk pasta. Aplikasikan campuran itu pada wajah, diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga: 6 Bahan alami ini bisa menjadi cara mengatasi kulit kering

Timun

Tahukah Anda bahwa timun bisa digunakan sebagai cara membersihkan wajah? Tak hanya membersihkan, pelembab alami dan efek dingin yang berasal dari bahan alami itu mampu membuat kulit wajah semakin kenyal.

Pertama, letakkan beberapa iris timun dalam kulkas. Setelah dingin, letakkan di atas kulit wajah selama 15 hingga 20 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat. Selain digunakan pemilik tipe kulit kering, timun juga efektif merawat kulit yang mudah berjerawat.

Semangka

Salah satu cara membersihkan wajah adalah dengan memanfaatkan semangka.

Semangka juga bisa dimanfaatkan sebagai cara membersihkan wajah, lo. Asam malat yang terkandung dalam semangka berperan sebagai eksfoliator sekaligus mencerahkan warna kulit. Anda hanya perlu menggosokkan sari semangka pada wajah, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air.

Baca Juga: Pakai bahan alami, inilah 4 cara menghilangkan komedo

Madu

India.com merekomendasikan madu supaya kebersihan dan kesehatan kulit terjaga. Bukan tanpa alasan, bahan alami itu kaya akan antioksidan dan pelembab alami yang dibutuhkan kulit. Antibakteri yang terdapat dalam bahan alami itu juga mampu menyembuhkan jerawat dan masalah kulit yang lain.

Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Gosokkan ½ sdt madu pada kulit wajah. Setelah itu, bilas dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk bersih. Kandungan dalam madu akan membersihkan kotoran yang menempel secara maksimal tanpa merusak minyak alami kulit.

Selanjutnya: 4 Cara memutihkan wajah yang bisa Anda jadikan pilihan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru