Tips cara mencegah anak tertular Covid-19 dan meningkatkan daya tahan tubuh

Sabtu, 24 Juli 2021 | 08:05 WIB Sumber: Kompas.com
Tips cara mencegah anak tertular Covid-19 dan meningkatkan daya tahan tubuh


KESEHATAN - Jakarta. Semakin banyak anak-anak yang menderita Covid-19 akibat tertular virus corona varian Delta. Untuk mencegah anak-anak tertular Covid-19 varian Delta, lakukan sejumlah cara berikut.

Peningkatan angka kasus infeksi dan kematian akibat Covid-19 pada anak-anak semakin mengkhawatirkan. Lonjakan kasus Covid-19, terutama di kalangan anak-anak, sebagian besar terjadi karena munculnya varian delta dari virus Corona.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menemukan kecenderungan virus corona varian Delta menyerang anak di bawah usia 18 tahun. Data dari tim Gugus Tugas Covid-19, jumlah anak yang positif Covid-19 hingga 13 Juli 2021 menunjukan sekitar 328 ribu anak berusia 0 – 18 tahun terkonfirmasi Covid-19.

Data dari data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga mencatat setidaknya satu dari delapan kasus Covid-19 terjadi pada anak. Lalu apa yang harus dilakukan orangtua untuk mencegah penularan Covid-19 varian Delta pada anak-anak?

Baca juga: Covid-19 tak terkendali, 180 daerah zona merah corona per 18 Juli, ini daftarnya

Cara mencegah anak tertular Covid-19 varian Delta

Orang tua memiliki peran sentral dalam melindungi dan mencegah anak terinfeksi Covid-19 varian Delta. Dalam sebuah acara bertajuk "Optimalkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil di Tengah Pandemi", ahli kesehatan dr. Muliaman Mansyur, menyarankan salah satu cara mencegah penularan Covid-19 varian Delta pada anak-anak adalah setiap orang tua untuk terus menjalankan penerapan protokol kesehatan.

Orang tua juga perlu melakukan dan langkah-langkah pencegahan lainnya agar bisa mencegah penularan Covid-19 varian Delta pada anak-anak dan anggota keluarga lainnya. Cara lain mencegah penularan Covid-19 varian Delta pada anak-anak adalah membatasi kegiatan anak di luar rumah. ”Orang tua perlu membatasi aktivitas di luar rumah termasuk untuk anak-anak mereka," ungkap dr. Muliaman.

Simak cara mencegah anak tertular Covid-19 varian Delta di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru