Tips dari Kemenkes, cara menaikkan saturasi oksigen dalam darah untuk pasien Covid-19

Selasa, 20 Juli 2021 | 05:40 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Tips dari Kemenkes, cara menaikkan saturasi oksigen dalam darah untuk pasien Covid-19

ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali cara menaikkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah. Di tengah lonjakan kasus Covid-19, banyak pasien yang meninggal, salah satunya akibat saturasi oksigen dalam darah turun.

Cara menaikkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah bisa dilakukan sendiri secara mudah. Cara menaikkan saturasi atau kadar oksigen dalam darah juga bisa dilakukan saat isolasi mandiri tanpa bantuan dokter.

Melansir data Satgas Covid-19, hingga Senin (19/7) ada tambahan 34.257 kasus baru yang terinfeksi Corona di Indonesia. Sehingga total menjadi 2.911.773 kasus positif Corona.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus Corona bertambah 32.217  orang sehingga menjadi sebanyak 2.293.875 orang. Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus Corona di Indonesia bertambah 1.338 orang menjadi sebanyak 74.920 orang. Saat ini ada total 542.938 kasus aktif di Indonesia. 

Saturasi adalah jumlah kadar oksigen yang ada dalam darah. Dalam keadaan normal atau sehat, angka batas minimal saturasi oksigen adalah di kisaran 95%-100%.

Baca juga: Oximeter, alat pantau kadar oksigen saat isolasi mandiri di rumah

Jika saturasi oksigen dalam darah kurang dari 95%, orang akan mengalami gangguan atau kesulitan bernafas. Apalagi, jika saturasi oksigen turun jauh dari batas normal, bisa menyebabkan kematian.

Berikut tingkatan saturasi atau kadar oksigen dalam darah beserta kondisi kesehatan:

  • Saturasi oksigen 95%-100% : dalam kondisi baik
  • Saturasi oksigen 93%-94% : perlu berbaring untuk meningkatkan kadar oksigen
  • Saturasi oksigen <92% perlu ke RS untuk mendapat perawatan dokter
  • Saturasi oksigen <80% : perlu menggunakan ventilator

Namun jangan khawatir jika saturasi oksigen turun di bawah 95%. Ada cara mudah meningkatkan saturasi oksigen agar kembali ke level normal.

Simak cara menaikkan saturasi oksigen di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru