Tips melamar kerja untuk fresh graduate, dari waktu hingga hari terbaik mengirim CV

Kamis, 02 September 2021 | 16:07 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tips melamar kerja untuk fresh graduate, dari waktu hingga hari terbaik mengirim CV

ILUSTRASI. Tips melamar kerja untuk fresh graduate, dari waktu hingga hari terbaik mengirim CV. KONTAN/Carolus Agus Waluyo

KONTAN.CO.ID - Jakarta.  Fresh graduate masih kesulitan mendapatkan pekerjaan? Kementerian Ketenagakerjaan memberikan tips jitu agar lulusan baru atau fresh graduate bisa sukses saat melamar pekerjaan. 

Melalui Instagram resminya, Kemnaker sering menyapa masyarakat dan membagikan berbagai informasi seperti tips melamar pekerjaan atau meningkatkan kemampuan diri. 

Anda mungkin sudah banyak memasukkan lamaran kerja di berbagai perusahaan namun belum mendapatkan panggilan kerja. 

Menurut Kemnaker, ada dua faktor yang menyebabkan Anda belum mendapatkan panggilan kerja yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor eksternal seperti CV yang kurang menarik, pengalaman tidak sesuai dengan posisi yang dilamar, serta kondisi pandemi bisa menjadi sebab Anda belum mendapatkan panggilan interview.

Baca Juga: Lowongan kerja September 2021, penempatan di Semarang, Karawang & Sidoarjo

Selain faktor eksternal, faktor internal juga membuat panggilan kerja tidak segera datang. Faktor tersebut diantaranya seperti saingan yang lebih baik, HRD belum sempat menyortir seluruh lamaran, serta user meminta kandidat lain sebagai pembanding. 

Hari dan waktu terbaik melamar kerja

Bagaimana cara melamar pekerjaan saat pandemi? Kemnaker menyarankan fresh graduate untuk mengikuti empat tips berikut ini:

  • Melamar melalui situs online terpercaya.
  • Membangun networking lebih penting dari sebelumnya. 
  • Bersikap ekstra responsif. 
  • Selalu siap untuk wawancara virtual. 

Selain tips tersebut, waktu dan hari memasukkan lamaran juga penting diperhatikan. Hari terbaik untuk melamar kerja adalah hari Senin atau Selasa. Dua hari ini menjadi saat terbaik untuk mengirimkan CV dibandingkan hari lainnya. 

Baca Juga: Ini cara mengajukan jadwal ulang tes SKD CPNS 2021 bagi peserta positif Covid

Pendapat ini tentu didasari dengan urutan dalam proses melamar kerja. Selain hari, perhatikan waktu saat Anda mengirimkan lamaran. 

Hindari mengirimkan CV dan berkas lamaran lainnya saat sore bahkan malam hari. Jika Anda menemukan lowongan menarik, tunggu hingga esok pagi. 

Waktu paling baik untuk mengirimkan CV lamaran kerja adalah pukul 10.00-11.00 pagi dan pukul 14.00-15.00. 

Jangan lupa buat CV semenarik mungkin dan perhatikan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan agar Anda bisa cepat mendapatkan panggilan kerja. 

Selanjutnya: 19 Universitas terbaik di Indonesia versi THE WUR 2022, UI peringkat 1

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru