TIPS & TRIK - Cover letter atau surat pengantar adalah salah satu dokumen yang biasa dilampirkan saat melamar pekerjaan.
Cover letter ditujukan kepada orang atau organisasi yang sedang membuka lowongan pekerjaan, baik untuk pihak personalia atau pemilik perusahaan.
Mengutip dari Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek, dokumen ini berisikan motivasi melamar dan alasan Anda memenuhi persyaratan posisi yang dilamar.
Karenanya, cover letter perlu dibuat semenarik mungkin agar pihak Human Resource Department (HRD) perusahaan tertarik untuk mengundang Anda ke tahap seleksi selanjutnya.
Baca Juga: Komisi V Dorong Revisi UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Minta Ojol Diregulasi
Bagi fresh garduate atau mahasiswa yang baru saja lulus, berikut ini beberapa tips membuat cover letter yang menarik. Sebelum Anda membuat cover letter, penting untuk mengetahui apa fungsi dari dokumen ini.
Surat pengantar memiliki fungsi sebagai media memperkenalkan diri, menunjukkan minta pada perusahaan, menarik perhatian resume milik Anda, serta memotivasi rekruter untuk mewawancarai.
Jika Anda sudah memahami fungsinya, berikut ini tips cara membuat cover letter yang menarik dari Ditjen Dikti, diantaranya:
1. Melakukan riset
Cari tahu perusahaan yang Anda lamar, tanggung jawab posisi yang dipilih, serta persyaratan lowongan yang akan didaftar.
Jangan lupa tuliskan subjek yang dituju dengan dan benar agar tidak membingungkan pihak perusahaan.
2. Gunakan tata bahasa yang benar
Perhatikan tata bahasa yang Anda gunakan saat menulis surat pengantar. Pastikan Anda menggunakan bahasa formal sesuai dengan PUEBI.
Jika diminta menggunakan bahasa asing seperti bahasa Inggris, pastikan tata bahasa atau grammar kalimat pada cover letter benar.
Tulis cover letter Anda dengan bahasa yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, sopan, tidak bertele-tele, namun tetap menarik untuk disimak.
Baca Juga: Menkeu Terbitkan PMK 81/2024, Pengamat Sebut Aturan Tersebut Masih Bias
3. Mudah dibaca
Beberapa perusahaan meminta pelamar untuk menuliskan surat pengantar dengan tulisan tangan. Jika demikian, pastikan Anda menulis dengan tulisan yang mudah dibaca dan rapi.
Apabila melampirkan cover letter yang diketik, gunakan font yang mudah dibaca seperti Arial, Calibri, Garamond, Helvetica, dan Georgia.
Perhatikan ketentuan dari perusahaan karena setiap perusahaan memiliki kebijakannya masing-masing mengenai surat pengantar calon pelamar.
4. Menyusun cover letter
Susun surat pengantar Anda ke dalam tiga bagian penting yaitu pembuka, profil diri, dan penutup. Pada bagian pembuka berisikan tujuan serta tanggal dibuatnya cover letter.
Kemudian buka bagian profil dengan salam lalu tulis profil diri Anda dengan singkat. Selanjutnya tutup cover letter dengan tulisan salam penutup serta tanda tangan Anda.
Itulah beberapa tips membuat cover letter yang menarik untuk melamar kerja. Pastikan seluruh persyaratan yang dibutuhkan sudah Anda persiapkan dengan baik dan lamar lowongan yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman kerja agar lebih cepat diterima.
Selanjutnya: Usai Memenangkan Pemilu, Trump Akan Deportasi 1 Juta Imigran Per Tahun
Menarik Dibaca: Allianz Indonesia Ingatkan Generasi Muda Disiplin Merencanakan Finansial
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News