Tips mengatasi gusi berdarah, bisa dilakukan tanpa obat

Jumat, 15 Januari 2021 | 16:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tips mengatasi gusi berdarah, bisa dilakukan tanpa obat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda sering mengalami gusi berdarah? Jika iya, Anda perlu segera menghentikannya supaya kondisi kesehatan Anda tak memburuk. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Mulai dari memanfaatkan bahan alami, menjaga kebersihan mulut, dan mengonsumsi makanan bergizi.

Namun, Anda perlu menyadari bahwa gusi yang berdarah terlalu sering bisa jadi tanda kondisi kesehatan Anda yang terganggu. Misalnya, gingivitis atau periodontitis. Dengan mengetahui penyebab itu, Anda menjadi lebih mudah untuk mengobatinya.

Selain itu, ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko pendarahan pada gigi. Mulai dari menyikat gigi terlalu kasar, hamil, kecelakaan, dan lain-lain. Ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk menghentikan pendarahan dan mengurangi pembengkakan.

Kumur dengan Hidrogen Peroksida

Mengutip dari Healthline (healthline.com), hidrogen peroksida bisa Anda manfaatkan untuk menghentikan pendarahan dan radang gusi. Usahakan untuk hanya menggunakannya sebagai obat kumur. Jangan sampai bahan tersebut tertelan karena membahayakan kesehatan.

Baca Juga: Gigi bungsu terasa sakit? Yuk, atasi dengan cara ini

Berhenti Merokok

Tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan paru-paru dan jantung, merokok juga tak baik untuk kesehatan gigi dan mulut, lo. Kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko gusi berdarah. Kandungan rokok yang masuk ke tubuh membuat sistem imun melemah.

Akibatnya, tubuh menjadi kesulitan melawan bakteri penyebab plak sehingga penyakit gusi pun rentan Anda alami. Jika Anda kesulitan untuk berhenti merokok, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat cara yang tepat untuk menghentikan kebiasaan itu.

Konsumsi Vitamin C

Memenuhi kebutuhan vitamin C bisa jadi salah satu cara mengatasi gusi berdarah.

Supaya tubuh lebih kuat melawan serangan bakteri penyebab plak, cobalah untuk meningkatkan konsumsi vitamin C. Tubuh yang kekurangan vitamin C menyebabkan pendarahan semakin parah. Apalagi jika Anda tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga berguna untuk menguatkan hubungan antar jaringan sehingga perlindungan gusi menjadi lebih maksimal. Ada banyak sumber vitamin C yang bisa Anda konsumsi, seperti jeruk, lemon, wortel, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 3 Penyebab gusi bengkak yang perlu diketahui

Kompres Dingin

Jika gusi darah disebabkan oleh kecelakaan atau luka, Healthline merekomendasikan kompres dingin untuk mengatasi masalah tersebut. Kompres dingin akan menyempitkan pembuluh darah sehingga pendarahan bisa berhenti.

Tak hanya itu, gusi bengkak pun bisa teratasi dengan baik. Caranya, gunakan kantung plastik berisi batu yang dibalut dengan kain pada gusi selama 20 menit. Anda bisa menggantinya dengan kain dingin. Setelah itu, lepaskan kompres selama 20 menit, lalu ulangi cara yang sama hingga peradangan berkurang.

Selanjutnya: Inilah 4 penyebab radang gusi yang perlu Anda waspadai

Editor: Belladina Biananda


Terbaru