Tips Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Wawancara Kerja

Rabu, 21 Mei 2025 | 12:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tips Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Wawancara Kerja

ILUSTRASI. Tips Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Wawancara Kerja.


MENCARI KERJA -  Pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri saat interview atau wawancara kerja sering kali dilontarkan oleh perusahaan kepada kandidat pelamar kerja.  

Saat sesi interview, recruiter ingin melihat seberapa jujur Anda dengan pertanyaan ini. Mereka juga ingin menilai seberapa jauh Anda memahami kemampuan Anda. 

Bisa dibilang pertanyaan tentang kelemahan dan kelebihan diri merupakan pertanyaan jebakan. Tidak sedikit kandidat yang takut dengan pertanyaan pertanyaan ini. 

Baca Juga: IHSG Naik 0,87% ke 7.156, Top Gainers LQ45: INCO, PGEO & ANTM, di Sesi I, Rabu (21/5)

Anda tidak perlu panik jika mendapat pertanyaan seperti ini. Yang perlu Anda ketahui adalah trik agar jawaban Anda meyakinkan untuk recruiter.

Yuk simak tips cara menjawab kelebihan dan kekurangan di bawah ini yang himpun dari The Muse dan The Balance Careers

  • Menjawab dengan jujur

Dalam sesi wawancara kerja, pastikan Anda menjawab dengan jujur semua pertanyaan. Jawablah sesuai apa yang Anda alami tanpa melebih-lebihkan. 

Pilihlah juga jawaban yang rasional. Recruiter ingin melihat seberapa jauh Anda mengenal diri sendiri. Mereka juga ingin melihat kejujuran dan bagaimana menyikapi kelemahan dan kelebihan Anda. 

  • Sampaikan menggunakan narasi

Kebanyakan peserta hanya menjawab poin-poin kelemahan dan kelebihan mereka. Jika Anda menjawab seperti ini, bagaimana recruiter bisa menilai kejujuran Anda? 

Kemas jawaban menggunakan narasi agar recruiter mudah memahami poin-poin Anda. Anda bisa menceritakan kelemahan dan kelebihan dengan pengalaman bekerja selama ini.  

Baca Juga: Rupiah Berbalik Melemah ke Rp 16.419 Per Dolar AS di Tengah Hari Ini (21/5)

  • Fokus pada kemampuan yang sesuai

Pilihlah kelebihan yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Misal Anda memilih posisi sebagai public relation. Posisi ini pas jika Anda memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. 

Begitu juga dengan kelemahan. Jangan sebutkan kelemahan Anda yang berpotensi merugikan di pekerjaan. 

Poles jawaban Anda agar kelemahan bisa menjadi kelebihan Anda. Tunjukkan juga upaya Anda untuk mengatasi kelemahan tersebut. 

  • Sampaikan secara singkat

Usahakan informasi yang Anda berikan cukup singkat tapi tetap jelas. Jika terlalu lama dan bertele-tele, recruiter akan kesulitan menangkap maksud Anda. 

Meskipun singkat, pastikan informasi yang Anda sampaikan mengandung informasi yang dicari oleh perusahaan.

Tonton: PGN (PGAS) Teken Sejumlah PJBG dan Kerja Sama Strategis pada IPA Convex 2025

  • Jangan panik

Tips menjawab kelebihan dan kelemahan yang terakhir adalah jangan panik. Memang sedikit susah, tapi dengan latihan Anda bisa lebih rileks. 

Tetap tenang saat sebelum dan saat Anda mengikuti sesi wawancara. Jangan terlalu stres dan tetap berfikir positif bisa membuat Anda lebih tenang. 

Selanjutnya: Penjualan Rumah Arrayan Group di Karawang Timur Moncer

Menarik Dibaca: Cara Cek Nomor XL dengan Mudah Terbaru 2025, Praktis untuk Semua Tipe HP!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru