Tips menyimpan pakaian agar tidak berjamur di ruangan yang lembab

Kamis, 09 Desember 2021 | 05:52 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Tips menyimpan pakaian agar tidak berjamur di ruangan yang lembab

ILUSTRASI. Baju atau pakaian yang digantung.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, sehingga setiap tahunnya hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Saat memasuki musim hujan udara di dalam ruangan cenderung lembab. Hal ini berpotensi menyebabkan tumbuhnya jamur salah satunya pada pakaian.

Mengapa jamur tumbuh di pakaian? Tentu ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Seperti lemari yang kurang bersih, tidak adanya ventilasi udara, tidak ada sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan dan masih banyak faktor lain yang mempengaruhi.

 

Untuk bisa mencegahnya, berikut tips menyimpan pakaian agar tidak berjamur saat memasuki musim hujan;

Baca Juga: Deretan Film Indonesia yang Pernah Dibintangi Sophia Latjuba

1. Menggunakan Kamper

Dalam hal ini, kapur barus berperan penting dalam mencegah tumbuhnya jamur pada pakaian. Kapur barus atau kamper dapat mencegah udara menjadi lembab. Selain itu, kapur barus juga dapat mengusir kecoa dan membuat pakaian menjadi harum.

2. Melapisi lemari pakaian atau lemari dengan kertas

Hal kedua yang harus dilakukan adalah melapisi area tertentu tempat pakaian disimpan dengan kertas. Mengapa harus ditutup dengan kertas? Pasalnya, udara lembab diserap oleh kertas sebelum pakaian. Kemudian jangan lupa untuk mengganti kertasnya jika dirasa cukup lembab agar jamur tidak tumbuh.

3. Jangan meletakkan pakaian basah

Jangan sekali-kali memasukkan pakaian basah ke dalam tempat pakaian atau lemari. Pakaian yang basah atau belum kering berpotensi menumbuhkan jamur baik di musim hujan maupun di musim kemarau.

 

Baca Juga: Jadwal Piala AFF 2020: Laga perdana Indonesia vs Kamboja tayang di RCTI

 

4. Donasi baju yang sudah tidak terpakai

Jika Anda memiliki terlalu banyak pakaian di lemari atau lemari pakaian, menyumbangkan pakaian kepada orang yang lebih membutuhkan akan menjadi solusi untuk mengurangi kelembapan di dalam kotak atau lemari pakaian.

Selain itu, mendonasikan pakaian juga merupakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain dan pahala bagi yang melakukannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru