Tips Sukses Melamar Pekerjaan, Perhatikan 5 Hal Berikut

Rabu, 29 Desember 2021 | 15:49 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Tips Sukses Melamar Pekerjaan, Perhatikan 5 Hal Berikut

ILUSTRASI. Seorang mencari kerja menjalani tes tinggi badan untuk melamar pekerjaan menjadi pramugari di event mega career di Jakarta, Jumat (17/2). /pho KONTAN/carolus agus Waluyo/17/02/2017.

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Di masa pandemi Covid-19 banyak sekali orang yang mencari dan melamar pekerjaan. Hal tersebut dikarenakan wabah ini mempengaruhi hampir seluruh aktivitas di dunia, salah satunya hilangnya pekerjaan seseorang. Simak tips sukses melamar pekerjaan agar kamu bisa diterima saat ada lowongan kerja.

Saat ini, para lulusan baru juga kesulitan juga dalam mendapatkan pekerjaan. Tak heran, jumlah pengangguran di Indonesia cukup banyak.

Melansir dari laman resmi Badan Pusat Statistik (BPS), melaporkan bahwa jumlah pengangguran di Indonesia sebanyak 9,1 juta orang per Agustus 2021. 

Baca Juga: Tips Membangun Relasi bagi Mahasiswa, Ini Manfaatnya

Banyaknya jumlah orang yang mencari pekerjaan membuat peluang anda menjadi lebih sempit. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melamar pekerjaan agar peluang anda diterima oleh perusahaan menjadi lebih besar.

1. Cari latar belakang perusahaan

Mencari latar belakang perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan merupakan hal pertama yang harus diperhatikan. 

Cari informasi sedalam-dalamnya tentang perusahaan yang anda lamar. Jangan sampai sembarangan melamar tanpa mengetahui asal-usul perusahaan. 

Pasalnya, banyak perusahaan abal-abal yang membuka lowongan pekerjaan fiktif dengan tujuan untuk menipu para pelamar. 

2. Honor dan beban kerja

Hal yang harus diperhatikan lain saat melamar pekerjaan adalah honor dan beban kerja yang diterima. Pasalnya, kedua hal tersebut harus sepadan.

Honor yang anda dapatkan harus sepadan jangan sampai malah membuat anda jadi dirugikan dalam berbagai aspek, karena pada dasarnya bekerja adalah untuk mendapatkan keuntungan khususnya honor. 

Baca Juga: 4 Situs penyedia lowongan pekerjaan resmi dan paling banyak diminati

3. Cek persyaratan dengan teliti

Mengecek persyaratan dengan teliti juga merupakan hal yang harus diperhatikan saat melamar pekerjaan. Umumnya, sebuah perusahaan akan memberikan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar. 

Persyaratan merupakan hal yang penting diperhatikan, karena biasanya hal tersebut dijadikan tahap penyaringan pertama saat melakukan rekrutmen calon pegawai baru.

Namun, anda juga harus berhati-hati karena terkadang ada perusahaan abal-abal yang memanfaatkan persyaratan untuk modus penipuan. Contohnya seperti meminta sejumlah uang atau meminta barang berharga lain.

Editor: Ryan Suherlan
Terbaru