Ubah hobi menjadi cuan, intip caranya di sini!

Minggu, 05 September 2021 | 09:30 WIB   Reporter: Christ Penthatesia
Ubah hobi menjadi cuan, intip caranya di sini!


GAYA HIDUP - Mencari pekerjaan ditengah masa pandemi ini bukanlah hal yang mudah. Banyak bisnis yang mengurangi jumlah karyawannya karena ketidakpastian kapan kondisi perekonomian bisa kembali normal.

Di jaman serba online seperti ini, maka membuka usaha sendiri dapat dijadikan pilihan. Melalui hobi dan kemampuan yang dimiliki, bisnis dapat dibuat sebagai penghasilan sampingan atau penghasilan utama.

Berikut ini ada beberapa ide hobi yang dapat dijadikan usaha online sampingan untuk Anda. Yang Anda butuhkkan hanya sosial media dan hobi Anda saja, lo!

Baca Juga: BMKG mencatat gempa terkini magnitudo 4,9 di Kotamobagu, Sulawesi Utara

Membuat E-book

Bagi Anda yang suka menulis, membuat buku mungkin bisa menjadi sarana untuk menambah penghasilan. Dari hobi yang Anda miliki, Anda bisa berbagi ilmu dengan membuat ebook.Untuk membuat ebook pada jaman teknologi tentunya bukanlah yang susah lagi. 

Banyak platform menulis online seperti Wattpad, yang menyediakan fasilitas menulis gratis bagi Anda. Selain itu Anda bisa menggunakan word biasa untuk membuat panduan dasar. Kemudian Anda bisa menaruhnya di Google Drive dan menjualnya kepada orang yang membutuhkannya.

Membuat E-course

Selain ebook, eletronik course atau e-course juga bisa memberikan Anda penghasilan tambahan. Memanfaatkan Zoom dan Google Meets, Anda bisa membagi pengalaman Anda dan hobi Anda. 

Pelatihan ini tentunya dapat Anda lakukan setelah membangun personal branding ya. Pastikan semua orang mengetahui kemampuan yang Anda miliki dari hobi Anda. Agar banyak yang tertarik dan tidak takut untuk membayar pelatihan online yang Anda buat.

Baca Juga: Inspirasi dapur gaya Japandi yang kalem dan homey, inspiratif

Membuat Webinar

Tak hanya pelatihan, jika Anda sudah semakin ahli dalam bidang tersebut, Anda bisa mulai membuat webinar. Menjadi pembicara di webinar adalah salah satu cara yang dapat juga dilakukan untuk menambah pundi-pundi. Anda bisa melakukan ini secara live atau bergabung dengan komunitas hobi Anda. 

Membuat Les Private

Dalam keadaan yang serba online. Membuat les private online tentunya sangat sesuai dengan kebutuhan pasar. Baik Anda seorang guru ataupun bukan, Anda bisa membagikan ilmu yang Anda miliki pada murid Anda.

Les private online biasanya lebih menguntungkan karena peluang untuk mendapatkan uang lebih besar. Terutama jika Anda memiliki keahlian dalam mengajar. Murid-murid akan datang dan mengikuti les dengan Anda karena kebutuhan les private terus meningkat semenjak sekolah menjadi online.

Selanjutnya: Fakta Unik Tentang Emas, Nomor 4 Bikin Kaget

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru