CLOSE [X]

Uban di usia muda, ini 4 penyebab plus cara mencegahnya

Kamis, 07 Oktober 2021 | 18:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Uban di usia muda, ini 4 penyebab plus cara mencegahnya


KONTAN.CO.ID - Bukan cuma orangtua, anak muda pun bisa memiliki uban. Penyebab uban di usia muda perlu Anda ketahui supaya kondisi itu bisa teratasi.

Seiring bertambahnya usia, warna rambut yang semula hitam bisa berubah menjadi abu-abu atau putih yang biasa disebut uban. 

Memutihnya warna rambut terjadi karena folike rambut kehilangan banyak pigmen yang membuat warna rambut hitam.

Nah, ada beberapa faktor yang perlu Anda waspadai karena meningkatkan risiko terjadinya hal tersebut. Bila memang diperlukan, tak ada salahnya untuk mengonsultasikan kondisi Anda dengan dokter.

Biasanya, ada beberapa pemeriksaan yang perlu Anda jalani. Dokter juga akan melihat kondisi Anda supaya diagnosa yang sesuai bisa didapat.

Genetik

Melansir Medical News Today, gentik merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kemunculan uban di usia muda. Ras dan etnis seseorang juga berpengaruh terhadap kemunculan uban.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan uban dengan bahan alami, mudah dicoba

Merokok

Merokok bisa jadi penyebab uban di usia muda.

Tahukah Anda bahwa merokok bisa jadi penyebab uban di usia muda? Menurut sebuah penelitian, uban 2,5 kali lebih banyak muncul pada perokok sebelum usia 30 tahun dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Kekurangan vitamin

Penyebab uban di usia muda berikutnya adalah tubuh kekurangan vitamin tertentu. Misalnya, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, vitamin E.

Vitamin-vitamin tersebut berpengaruh pada pigmentasi rambut yang mana memunculkan uban. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin.

Namun, tentu saja Anda perlu membicarakannya dulu ke dokter. Sembarangan mengonsumsi suplemen vitamin bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan yang lain.

Stres

Stres termasuk salah satu penyebab uban di usia muda.

Anda perlu mengatur stres dengan baik supaya uban tak muncul saat Anda masih berusia muda. Mengutip dari Medical News Today, sel yang bertuga untuk memberi warna rambut dapat berkurang saat stres.

Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan hal tersebut.

Baca Juga: 7 Penyebab uban muncul di usia muda, sebagian besar bisa dicegah

 

Cara mencegah uban di usia muda

Supaya uban tak muncul di usia muda, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Pertama, ketahui nutrisi apa saja yang berkurang dalam tubuh. Dengan begitu, Anda menjadi tahu perlu mengonsumsi suplemen apa.

Kedua, tingkatkan asupan makanan yang mengandung banyak antioksidan. Ada banyak sumber antioksidan yang bisa Anda coba. Mulai dari teh hijau, ikan, minyak zaitun, buah, sayur, dan bahan bergizi yang lain.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak cara pencegahan lainnya. Beberapa di antaranya adalah berhenti merokok, minum teh hitam, melakukan kontrol ke dokter secara teratur, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Catat! 5 Cara mengatasi sesak nafas dengan pengobatan rumahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru