Wajib tahu! Panduan melahirakan untuk ibu hamil yang positif COVID-19

Minggu, 25 Juli 2021 | 15:15 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Wajib tahu! Panduan melahirakan untuk ibu hamil yang positif COVID-19

KONTAN.CO.ID - Melahirkan dengan kondisi terpapar virus Covid-19 pasti tidak pernah ada yang membayangkan sebelumnya. Pasalnya saat ini angka ibu hamil positif Covid-19 di Indonesia meningkat. 

Menurut data CDC (Centers for Disease Control and Prevention) menyebutkan bahwa 79% pasien ibu hamil positif Covid-19 adalah OTG (Orang Tanpa Gejala) yang artinya 79% tidak menyadari bahwa dirinya terpapar Covid-19

Baca Juga: 4 Manfaat jahe, bisa mengontrol gula darah dalam tubuh

Sebelum melakukan proses melahirkan, bumil wajib tahu tentang panduan melahirkan untuk bumil yang positif Covid-19, berikut panduannya.

1. Pilih Rs yang menutup akses kunjungan terhadap pasien, sehingga pasien hanya ditemani oleh suami atau keluarga terdekat. Penunggu juga wajib melakukan test Covid-19.

2. Pilihlah Rs yang memiliki ruangan bersalin dipisah antara ibu hamil yang sehat dan yang bergejala infeksi.

3. Metode persalinan per vagina maupun Caesar disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien dan Covid-19 bukan menjadi penghalang untuk melahirkan secara normal. Yang terpenting pasien, tenaga kesehatan dan rumah sakit harus menerpakan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga: Kebutuhan plasma konvalesen bagi pasien Covid-19 tinggi, komunitas ini turut membantu

4. Sangat disarankan untuk datang ke Rs terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. 

5. Pastikan prosedur yang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat, kelengkapan tim dokter multidisiplin dan subspesialisai juga perlu diutamakan. 

6. Pilih tempat melahirkan yang memiliki dokter dan bidan yang dapat dihubungi setiap saat dan memiliki fasilitas NICU (Neonatal Intensive Care Unit).

Berikut adalah panduan melahirkan untuk bumil positif Covid-19 yang perlu diperhatikan saat akan melahirkan. 

Selanjutnya: Macam-Macam Hormon Bahagia dan Manfaatnya untuk Tubuh di saat Pandemi

Editor: Helvana Yulian
Terbaru