Waspada! 6 Penyebab Vertigo yang Penting untuk Anda Ketahui

Rabu, 13 Juli 2022 | 14:26 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Waspada! 6 Penyebab Vertigo yang Penting untuk Anda Ketahui

ILUSTRASI. Beberapa penyebab vertigo yang perlu Anda ketahui.


KESEHATAN - Vertigo adalah gejala gangguan kesehatan yang tidak boleh dianggap sepele. Terdapat beberapa penyebab vertigo yang perlu Anda ketahui dan waspadai. 

Pasalnya, vertigo dapat memicu dan menjadi tanda adanya fungsi tubuh yang tidak berjalan semestinya. Selain itu, vertigo bisa memicu berbagai penyakit berbahaya lainnya. 
 
Penyebab vertigo juga kemungkinan sebagai tanda ada gangguan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, penting mengetahui penyebab gejala vertigo muncul agar Anda tetap waspada sehingga dapat melakukan pencegahan dan pengobatan.

Baca Juga: SSSTikTok Situs Alternatif Download Video TikTok Tanpa Watermark, Ini Cara Unduhnya

Jika sudah mengetahui penyebab vertigo, alangkah lebih baik untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk penangan lebih lanjut terkait hal yang Anda alami. 

Melansir dari Everyday Health, berikut beberapa penyebab vertigo yang perlu Anda ketahui: 

Diabetes 

Diabetes dapat menjadi faktor penyebab vertigo kambuh. Soalnya, komplikasi diabetes membuat arteri merengas yang dapat mengganggu aliran darah ke otak. 

Kolesteatoma

Kolesteatoma merupakan kondisi munculnya pertumbuhan kulit di telinga dalam. Tidak termasuk kanker, namun cenderung akan menyebabkan vertigo.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Meniere

Meniere merupakan penyakit yang dapat menyebabkan vertigo. Selain menyebabkan vertigo, meniere yang merupakan penyakit saluran pendengaran tersebut juga bisa menyebabkan rambut rontok.

Stroke

Stroke merupakan kondisi dimana aliran darah dalam otak terhenti atau bahkan buruknya terjadi pergumpalan, yang kemungkinan menjadi penyebab vertigo. 

Selain vertigo, stroke juga dapat mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Baca Juga: Ini Kadar Kolesterol Normal Bagi Pria dan Wanita Berdasarkan Usia, Wajib Tahu!

Labirintis 

Labirintis merupakan gangguan pada telinga bagian dalam terjadi peradangan atau iritasi.

Hal tersebut diakibatkan oleh virus atau bakteri yang mana merupakan salah satu penyebab terjadinya vertigo dan jika dibiarkan lama-lama juga akan berdampak kepada indera pendengaran Anda tersebut.

Hamil

Hamil juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab vertigo. Sebab, saat hamil kondisi tubub mengalami cukup banyak perubahan.

Namun, biasanya setelah melahirkan vertigo tidak akan kambuh lagi.

Jika vertigo kambuh dengan beberapa penyebab di atas, sebaiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter agar vertigo bisa cepat ditangangi dan tidak mengganggu aktivitas Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru