Waspada 7 Gejala Asam Lambung Naik yang Perlu Anda Ketahui

Jumat, 17 Juni 2022 | 15:21 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Waspada 7 Gejala Asam Lambung Naik yang Perlu Anda Ketahui

ILUSTRASI. Gejala Asam lambung naik.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Asam lambung naik merupakan gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai. Untuk itu, mengetahui gejala asam lambung naik adalah hal yang penting dilakukan. 

Asam lambung naik adalah salah satu gangguan kesehatan yang terjadi karena adanya masalah di saluran pencernaan. Terdapat beberapa gejala asam lambung naik yang perlu Anda waspadai.

Kondisi asam lambung naik bisa dialami oleh semua orang, khususnya yang mempunyai masalah pencernaan memiliki risiko lebih tinggi. 

Baca Juga: Mampu Mencerah Kulit, Simak 6 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Wajah

Tinggi atau rendahnya asam bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun, faktor utama yang mempengaruhi asam lambung naik adalah hormon gastrin alias hormon yang merasang keluarnya asam lambung. 

Merangkum dari Healthline, terdapat beberapa gejala asam lambung yang perlu Anda ketahui agar dapat mengantisiasi dan mengetahui kondisi kesehatan Anda. 

Sulit Menelan 

Selain tenggorokan terasa panas, Sulit menelan menjadi gejala asam lambung naik lainnya. Jika tenggorokan Anda sudah terasa sulit menelan atau bahkan sakit disarankan untuk segera konsultasi ke dokter.

Mulut Terasa Asam 

Selain dada yang terasa panas, gejala asam lambung naik lainnya adalah mulut terasa asam. Selain itu, ditenggorokan juga mungkin cenderung terasa panas.

Baca Juga: 6 Manfaat Seks Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Simak!  

Heartburn

Gejala asam lambung naik yang pertama adalah heartburn atay dada terasa panas. Hal tersebut dikarenakan asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa panas bahkan terkadang terasa seperti terbakar. 

Regurgitasi 

Selanjutnya regurgitasi yang juga merupakan salah satu gejala naiknya asam lambung. Regurgitasi adalah kondisi dimana seperti ingin muntah yang dikarenakan cairan dilambung naik bergerak ke atas. 

Dispepsia

Dispepsia adalah kondisi dimana perut terasa tidak nyaman karena gangguan pencernaan. Dispepsia merupakan gejala umum asam lambung naik yang juga ditandai dengan perut kembung, mual hingga sering sendawa. 

Baca Juga: 7 Manfaat Konsumsi Daun Singkong untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Sesak Napas 

Gejala asam lambung naik selanjutnya adalah sesak napas. Kondisi ini cukup parah dan dapat berdampak kurang baik bagi pengidap asam atau masalah pernapasan lainnya. 

Batuk Kering

Batuk kering merupakan gejala asam lambung yang terakhir versi Healthline. Batuk kering juga biasanya disertai dengan tenggorokan yang terasa panas atau sakit. 

Jika Anda mengalami gejala di atas disarankan untuk segera konsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab dan segera mengatahui gejala tersebut sebelum kondisi semakin parah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru