Waspada, Tersebar Link Penipuan SatuSehat yang Bisa Curi Password di HP!

Selasa, 14 Maret 2023 | 10:13 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Waspada, Tersebar Link Penipuan SatuSehat yang Bisa Curi Password di HP!


SATUSEHAT - JAKARTA. Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaannya terkait penipuan yang mencatut aplikasi SatuSehat. 

Mengutip laman infopublik.id, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menerima laporan penipuan melalui nomor WhatsApp berisi link update SatuSehat Mobile. Nomor WhatsApp tersebut mengatasnamakan Kemenkes.

Alih-alih memperbarui aplikasi SatuSehat, link tersebut justru mencuri password atau data yang tersimpan di ponsel pengguna. Menurut pengumuman Kemenkes, diketahui WhatsApp penipuan itu bernomor +6285961004844.

"Masyarakat diimbau hati-hati bila menerima pesan dari nomor tersebut. Bahkan boleh jadi pengirim pesan penipuan itu menggunakan banyak nomor," jelas Kemenkes dalam keterangan resminya, Senin (13/3/2023).

Baca Juga: Kemenkes Perbarui Platform Integrasi Data Tenaga Kesehatan dengan Meluncurkan Sinakes

Sebagai pencegahan, kepada seluruh masyarakat Indonesia jangan sampai membuka link mengaku SatuSehat dari nomor yang tidak dikenal dan tidak terverifikasi centang hijau.

“Sebab, secara prosedural Kemenkes tidak pernah mengirimkan link update SatuSehat secara personal melalui WhatsApp,” tambah Kemenkes.

Informasi saja, update SatuSehat Mobile diproses secara otomatis atau manual melalui Play Store atau App Store. Sementara untuk nomor WhatsApp Kemenkes adalah 081110500567 dengan centang hijau.

Aplikasi SatuSehat sempat mengalami eror sebelumnya.

Baca Juga: Cara Cek Sertifikat Vaksin di SatuSehat, Pilih Menu Vaksin dan Imunisasi

Hal itu terjadi karena gangguan login bagi sebagian pengguna yang tidak mendapatkan OTP. Masalah itu terjadi karena adanya peningkatan akses atau traffic aplikasi secara bersamaan.

Saat ini kendala terkait Aplikasi SatuSehat berangsur normal dengan dikeluarkannya versi terbaru (5.2.1). Sementara itu, bila terjadi kendala lebih lanjut, pengguna diminta untuk menyampaikan keluhannya melalui beberapa platform.

Keluhan dapat disampaikan lewat WhatsApp di nomor 081110500567, email helpdesk@kemkes.go.id, atau Direct Message (DM) di media sosial SatuSehat Mobile, di Twitter @SATUSEHAT dan Instagram @satusehat_id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru