WhatsApp Diblokir Sementara? Begini Penjelasannya, Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Rabu, 16 November 2022 | 12:14 WIB   Penulis: Arif Budianto
WhatsApp Diblokir Sementara? Begini Penjelasannya, Lengkap dengan Cara Mengatasinya

ILUSTRASI. WhatsApp Diblokir Sementara? Begini Penjelasannya, Lengkap dengan Cara Mengatasinya


KONTAN.CO.ID - WhatsApp mengalami kendala diblokir sementara? Begini penjelasannya, lengkap dengan cara mengatasinya. Apablia Anda menemukan akun WhatsApp dengan pesan yang mengatakan bahwa "Diblokir sementara" jangan panik dulu, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Seperti yang kita ketahui, WhatsApp atau WA merupakan aplikasi populer yang telah digunakan oleh sekitar 2 milyar pengguna ponsel pintar yang aktif bulanan berdasarkan data dari Statista per tahun 2022 ini.

Pengguna WhatsApp juga beragam, mulai dari pelajar, orang yang sudah bekerja hingga orang tua. Penggunaannya yang mudah, membuat WhatsApp mudah dipahami oleh pengguna baru sekali pun.

Meski pengguna baru paham dan mengerti bagaimana cara menggunakan WhatsApp, mungkin beberapa pengguna masih belum paham apabila mendapati kendala tertentu.

CYBER-SECURITY/Whatsapp

Baca Juga: Cara Main Game Nikke di Laptop atau PC dan Pengaturan Widescreen Mode di LD Player

Seperti kendala yang berkaitan dengan akun WhatsApp pengguna yang menyatakan bahwa akun telah diblokir sementara. Permasalahan WhatsApp ini menampilkan sebuah pesan di aplikasi WA yang menampilkan bahwa "Diblokir sementara.

Apa arti dari "WhatsApp diblokir sementara?"

Mungkin beberapa pengguna WA panik ketika melihat pesan yang berkata demikian, namun demikian Anda harus mengetahui mengapa seorang pengguna WhatsApp bisa mendapatkan pesan tersebut.

Setidaknya ada dua point penting yang perlu diperhatikan ketika seseorang mendapatkan pesan "WhatsApp diblokir sementara", seperti berikut ini:

  1. Pesan yang berkata "WhatsApp diblokir sementara" sebenarnya merujuk pada akun yang kemungkinan menggunakan aplikasi WA yang tidak resmi.
  2. Atau bisa juga pengguna mungkin mengumpulkan informasi atau yang istilahnya dikenal sebagai pengerukan (scraping).

Apabila Anda mungkin merasa telah menggunakan aplikasi WhatsApp yang tidak resmi atau melakukan scraping itu dan tidak beralih ke aplikasi resmi, akun Anda akan terancam blokir permanen.

Bagi pengguna WhatsApp yang mendapatkan pesan "WhatsApp diblokir sementara" dan tidak berhenti atau beraling ke aplikasi resmi atau masih melakukan scarping, akun Anda mungkin akan diblokir secara permanen.

Pihak WhatsApp juga menjelaskan bahayanya apabila menggunakan aplikasi yang tidak resmi atau tidak sah. Selain membahayakan keamanan dan keselamatan pengguna, pihak WhatsApp juga tidak mendukung akan hal tersebut.

Inilah yang mungkin terjadi jika pengguna menggunakan aplikasi WhatsApp yang tidak sah atau tidak resmi dan melakukan scraping. Berikut ini apa yang akan terjadi jika masih melakukan hal tersebut:

  • Tidak ada jaminan bahwa pesan atau data pengguna, sepeti lokasi atau file yang dibagikan akan bersifat privat dan aman.
  • Akun pengguna mungkin diblokir karena menggunakan aplikasi WhatsApp tidak resmi bertentangan dengan Ketentuan Layanan pihak resmi WhatsApp.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menggunakan aplikasi WhatsApp yang resmi dapat diunduh atau download lewat situs dengan link berikut ini: www.whatsapp.com/download.

Berkaitan dengan pengerukan atau scraping, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Usai WhatsApp Komunitas, WhatsApp Siapkan Fitur Login di Beberapa HP Pakai 1 Nomor

Pengerukan (scraping)

Pengerukan adalah ekstraksi otomatis, baik yang ditargetkan maupun dalam skala besar, untuk tujuan yang tidak diizinkan.

Memperoleh informasi pengguna dengan cara ini, termasuk nomor telepon, foto profil pengguna, dan status dari WhatsApp melanggar Ketentuan Layanan pihak resmi WhatsApp.

Setelah mengetahui penjelasan tentang masalah Akun WhatsApp yang diblokir sementara, yuk simak bagaimana langkah selanjutnya supaya dapat kembali menggunakan akun WA.

Cara mengatasi akun diblokir sementara WhatsApp

Jika akun Anda diblokir, maka akan melihat pesan berikut saat membuka WhatsApp: "Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp".

Lalu, apa yang harus kita lakukan supaya bisa kembali menggunakan WhatsApp?

Apabila Anda meyakini bahwa tidak melanggar Ketentuan Layanan WhatsApp, maka dapat mengajukan pemeriksaan akun dengan cara kirim email atau ketuk tombol minta peninjauan di aplikasi. Pihak WhatsAPp nantinya akan memeriksa kasus Anda dan akan segera menghubungi setelah menyelesaikan peninjauan.

Saat meminta peninjauan di aplikasi, pengguna akan diminta memasukkan kode pendaftaran 6 digit yang dikirim kepada pengguna lewat SMS.

Setelah memasukkan kode tersebut, pengguna dapat mengirimkan permintaan untuk peninjauan dan menambahkan detail untuk mendukung permasalahan tersebut.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda ketahui tentang WhatsApp diblokir sementara. Bila Anda mengalami permasalahan tersebut, silahkan cek lagi apakah sebelumnya telah menggunakan aplikasi yang tidak resmi atau melanggar Ketentuan Layanan yang berlaku.

Jika memang tidak melakukan hal tersebut, silahkan minta peninjauan dengan cara menekan tombol di aplikasi WhatsApp yang nantinya akan ditinjau lebih lanjut oleh pihak WhatsApp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru