7 Tips Jalan Kaki yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Selasa, 30 April 2024 | 13:17 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
7 Tips Jalan Kaki yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

ILUSTRASI. Jalan kaki


Menurunkan Berat Badan - JAKARTA. Simak tips dan cara menurunkan berat badan dengan jalan kaki yang efektif. Panduan diet di era modern tentu semakin banyak metode, salah satunya terkait aktivitas jalan kaki.

Apakah Anda mencari cara yang efektif dan terjangkau untuk meningkatkan kesehatan dan menurunkan berat badan? Jika ya, jalan kaki mungkin menjadi pilihan yang sempurna untuk Anda.

Meskipun terlihat sederhana, berjalan kaki secara teratur dapat memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh dan pikiran Anda.

Dari membakar kalori hingga meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi stres, aktivitas ini tidak hanya mudah diakses tetapi juga mudah dilakukan di berbagai lingkungan.

Baca Juga: Hobi Marathon? Usai Lari Jangan Melakukan 4 Hal Terlarang Ini

Perhitungan kalori dari jalan kaki

Maksimalkan manfaat jalan kaki

Meskipun sulit untuk menghitung jumlah langkah yang tepat yang Anda butuhkan untuk menurunkan berat badan, secara umum, berjalan selama 30 menit per hari membakar 100 hingga 200 kalori.

Melansir dari Womens Health Mag, saat Anda melakukan secara rutin ini dapat membakar kalori 700 hingga 1.400 kalori.

Angka ini dapat bertambah seiring waktu dan menghasilkan penurunan berat badan bagi seseorang yang kelebihan berat badan dan sebelumnya kurang aktif.

Untuk memulai perjalanan kesehatan, mari kita jelajahi lebih lanjut tentang keuntungan dan tips untuk menjadikan jalan kaki sebagai bagian penting dari gaya hidup sehari-hari.

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah

Tips jalan kaki yang efektif untuk menurunkan berat badan

Berikut adalah beberapa tips agar jalan kaki menjadi lebih efektif dalam menurunkan berat badan, dilansir dari laman Very Well Fit.

1. Tetapkan tujuan

Tentukan target jarak atau durasi yang ingin Anda capai setiap kali berjalan kaki, dan tingkatkan secara bertahap seiring waktu.

Nah, agar memudahkan mengatur waktu, buat jadwal rutin untuk berjalan setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu untuk memastikan konsistensi dalam program penurunan berat badan.

2. Atur tempo jalan cepat

Anda dapat mencoba untuk berjalan dengan langkah yang cepat dan mantap. Ini akan meningkatkan denyut jantung Anda dan membakar lebih banyak kalori.

3. Cari medan yang bervariasi

Anda dapat mencoba untuk memilih rute dengan berbagai macam kemiringan, seperti tanjakan atau turunan, untuk meningkatkan intensitas latihan Anda.

4. Kenakan rompi berbobot

Saat Anda mencari intensitas yang lebih tinggi, rompi berbobot atau ransel akan meningkatkan tuntutan pada tubuh Anda selama berjalan, Ketika tubuh membawa beban yang menantang akan mengakibatkan peningkatan kalori terbakar.

5. Gunakan aplikasi pelacak langkah

Anda perlu melacak langkah dengan aplikasi seluler atau jam pintar. Ini dapat membantu Anda melihat kemajuan dan tetap fokus pada tujuan gerakan jalan kaki.

Selain itu, langkah ini bermanfaat untuk memantau kemajuan dan memberikan motivasi tambahan.

6. Atur sebagai gaya hidup

Kemudian, Anda perlu membuat kebiasaan berjalan kaki sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari, seperti dengan berjalan ke tempat tujuan atau berhenti satu atau dua halte sebelum tempat tujuan.

7. Gabung dengan komunitas

Berjalan bersama dengan teman atau kelompok dapat memberikan dukungan dan motivasi tambahan, serta membuat aktivitas tersebut lebih menyenangkan.

Itulah beberapa informasi terkait tips menurunkan berat badan dengan jalan kaki yang efektif dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru