6 Kebiasaan yang Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah

Senin, 22 April 2024 | 13:20 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
6 Kebiasaan yang Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah

ILUSTRASI. Jalan kaki pagi hari menjadi kebiasaan yang menyehatkan jantung


KESEHATAN - JAKARTA. Simak kebiasaan yang baik untuk kesehatan jantung. Topik terkait kardiovaskular atau jantung menjadi suatu kunci penting dalam menjalani gaya hidup yang seimbang.

Kesehatan jantung menjadi rentan karena jantung merupakan organ yang vital dalam tubuh manusia.

Beban kerja yang terus-menerus pada jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan pola hidup yang tidak sehat, dapat menyebabkan kerusakan pada jantung dan pembuluh darah. 

Salah satu cara yang efektif untuk mencapai hal positif dalam kesehatan jantung adalah melalui pembentukan kebiasaan baik sehari-hari.

Baca Juga: Penting! Ini 7 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Kebiasaan untuk Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung

Aturan terkait pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh, gula tambahan, dan garam berlebih.

Lebih banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan protein nabati serta protein hewani yang rendah lemak dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Aktivitas fisik seperti berjalan kaki, jogging, berenang, atau bersepeda dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kekuatan jantung.

Selain itu, kondisi stres yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, oleh karena itu penting untuk menemukan cara untuk meredakannya.

Baca Juga: Begini Aturan Minum Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Berikut ini beberapa kebiasaan yang baik untuk kesehatan jantung sehingga bisa diterapkan sejak dini, dirangkum dari laman Temple Health

1. Kelola tekanan darah

Tekanan darah tinggi menyebabkan tekanan yang konstan pada jantung. Jika tekanan darah secara konsisten lebih tinggi dari 130/80, bicarakan dengan dokter Anda tentang langkah-langkah yang dapat diambil untuk menurunkan angka Anda.

2. Kontrol kolesterol

Diet sehat dan olahraga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Salah satu cara untuk membantu menjaga kolesterol tetap terkendali adalah dengan mengurangi jumlah makanan yang digoreng dan diproses yang dikonsumsi.

Anda dapat mengganti dengan lebih banyak makanan berbasis nabati, biji-bijian utuh, dan makanan rendah lemak jenuh.

3. Turunkan berat badan

Apabila Anda kelebihan berat badan, bahkan penurunan berat badan sebesar 10% dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Ini juga dapat mengurangi risiko diabetes.

Bicarakan dengan dokter utama atau kardiologis Anda untuk menetapkan berat badan yang menjadi target.

4. Berolahraga

Idelanya, seseorang berolahraga setidaknya selama 30 menit, 5 kali seminggu. Tetapi saat kekurangan waktu, bahkan bergerak lebih banyak dalam interval 10 menit bisa membantu.

Setiap langkah dihitung. Berdansa sambil memasak atau melipat cucian, atau jalan cepat setelah makan malam.

5. Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu hal terburuk yang dapat dilakukan pada jantung Anda. Hanya satu rokok sehari dapat meningkatkan peluang Anda untuk mengembangkan penyakit jantung, serta kondisi kronis lainnya.

Selain itu, Anda perlu berhati-hati saat menjadi perokok pasif yang memiliki risiko yang sama.

6. Kelola Stres

Jika Anda stres, kemungkinan jantung juga. Selain efek kesehatan negatif dari stres pada tubuh Anda, tingkat stres tinggi cenderung mempromosikan perilaku tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, dan makan berlebihan.

Tentu, ini tidak selalu mudah untuk tenang saat merasa kewalahan atau cemas. Hidup kadang-kadang kacau! Tetapi meditasi bisa menjadi satu cara bagi Anda untuk menemukan rasa tenang dan kedamaian dalam hidup.

 Dengan mengadopsi kebiasaan baik ini, kita dapat merawat kesehatan jantung kita dan menjalani kehidupan yang lebih bermakna dan bugar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru