Ada 6 Kebiasaan yang Membuat Panjang Umur, Orang Tua Wajib Tahu

Minggu, 05 Mei 2024 | 05:15 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ada 6 Kebiasaan yang Membuat Panjang Umur, Orang Tua Wajib Tahu

ILUSTRASI. Kebiasaan yang Membuat Panjang Umur


KESEHATAN - JAKARTA. Pahami praktik yang dapat meningkatkan umur dan kesehatan Anda hingga usia senja. Menjalani gaya hidup yang sehat dan memperhatikan aspek-aspek tertentu dalam kehidupan sehari-hari memberikan banyak manfaat, baik secara fisik maupun mental.

Menerapkan gaya hidup yang sehat, termasuk pola makan yang seimbang dan rutin berolah raga, dapat membantu menjaga kesehatan fisik Anda.

Ini membantu mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya, yang dapat memperpanjang masa hidup dan meningkatkan kualitas hidup.

Memiliki pola makan yang sehat dan rutin berolah raga juga membantu menjaga berat badan yang ideal.

Baca Juga: Ini Tekanan Darah Sistolik serta Diastolik Normal Sesuai Usia yang Perlu Dipahami

Aktivitas untuk umur lebih panjang

Makanan yang Mudah dicerna orang tua dan lansia

Kasus obesitas dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit, menjaga berat badan yang sehat menjadi penting dalam mengurangi risiko tersebut.

Sehingga, Anda perlu melakukan olahraga secara teratur juga meningkatkan kebugaran fisik dan daya tahan tubuh.

Dengan tubuh yang bugar, Anda akan lebih mampu melawan infeksi, mengatasi penyakit, dan menjalani aktivitas harian dengan lebih bertenaga.

Selain itu, aktivitas relaksasi seperti meditasi atau yoga dapat membantu mengelola stres. Stres yang terkendali dapat mencegah penyakit terkait stres dan meningkatkan kesejahteraan mental Anda.

Interaksi sosial yang positif dan dukungan dari keluarga juga berperan penting dalam kesehatan mental. Dengan memiliki hubungan sosial yang sehat, Anda dapat mengurangi risiko depresi dan gangguan kejiwaan lainnya.

Baca Juga: Tak Hanya Serang Orang Tua, Ini 6 Penyebab Utama Gagal Ginjal di Usia Muda

Jadi, menjalani hidup sehat melibatkan berbagai aktivitas yang mendukung kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan. Simak rangkaian aktivitas yang membantu hidup panjang umur, informasi tips ini dirangkum dari laman Eatingwell.

1. Atur Pola Hidup Sehat

Anda melakukan aktivitas fisik secara teratur, seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang, dapat meningkatkan kekuatan otot, kebugaran jantung, dan kesehatan keseluruhan.

Konsumsi makanan seimbang yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein sehat, merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat.

Kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat merugikan kesehatan. Berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol dengan bijak dapat membantu mencegah berbagai penyakit.

2. Filosofi Hara Hachi Bu

Alihkan fokus dari diet ketat dan detoksifikasi, dan terapkan filosofi "hara hachi bu" asal Jepang. Prinsip "Hara Hachi Bu" mengajarkan untuk berhenti makan sebelum merasa benar-benar kenyang, kira-kira ketika mencapai 80 persen kekenyangan.

Dengan mengadopsi kebiasaan ini, orang Okinawa meyakini bahwa mereka dapat mengontrol asupan kalori mereka, mencegah overeating, dan mendukung kesehatan serta umur panjang.

Filosofi ini tidak hanya berfokus pada kuantitas makanan tetapi juga menekankan kualitas makanan yang dikonsumsi. Makanan yang dikonsumsi biasanya sehat, rendah kalori, dan kaya nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan makanan tradisional lainnya.

3. Kurangi Gula Tambahan

Anda bisa mengatur konsumsi makanan olahan untuk secara alami mengurangi asupan gula tambahan. Orang di Zona Biru hanya mengonsumsi gula secara disengaja, tidak lebih dari 7 sendok teh per hari.

Selain itu, Anda bisa meningkatkan frekuensi memasak di rumah untuk mengontrol bahan makanan, porsi, dan mengurangi stres. Ini dapat membantu mengurangi risiko terhadap penyebab kematian.

Setelah memasak, bagikan makanan dengan orang lain. Ini tidak hanya meningkatkan kesehatan nutrisi tetapi juga membangun lingkungan sosial yang mendukung perilaku sehat.

4. Istirahat Cukup

Anda perlu menjaga pola tidur yang teratur dan cukup tidur setiap malam penting untuk pemulihan fisik dan kesehatan mental.

Anda bisa menerapkan teknik manajemen stres, seperti meditasi, yoga, atau olahraga, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

5. Cek Kesehatan Rutin

Anda melakukan pemeriksaan kesehatan rutin dan mengikuti program vaksinasi dapat membantu mendeteksi dini penyakit atau kondisi kesehatan dan mencegah penyakit menular.

Stimulasi mental, seperti membaca, belajar, atau menyelesaikan teka-teki, dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko gangguan kognitif.

6. Prioritas Aktivitas Fisik

Anda bisa menanamkan kebiasaan bergerak tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari. Anda menghindari pandangan tradisional tentang olahraga dan prioritaskan aktivitas fisik yang terintegrasi dalam rutinitas harian, seperti merawat taman atau melakukan pekerjaan rumah.

Itulah beberapa informarasi terkait tips dan kebiasaan yang membuat panjang umur hingga sehat hingga hari tua.

Selanjutnya: Jadwal Salat Banten: Serang hingga Cilegon Hari Ini Minggu (5/5) Menurut Kemenag

Menarik Dibaca: Gift Code Ojol The Game 5 Mei 2024 Update Terkini, Buruan Cek dan Redeem ya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru