Apa Arti April Mop yang Dilakukan Tanggal 1 April? Ini Sejarahnya

Senin, 01 April 2024 | 09:56 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Arti April Mop yang Dilakukan Tanggal 1 April? Ini Sejarahnya

ILUSTRASI. April Mop 1 April 2024.


SEJARAH - April Mop adalah peringatan setiap tanggal 1 April di mana orang-orang akan berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. 

Atau istilah saat ini, April Mop adalah orang-orang melakukan prank terhadap orang lain pada momen tanggal 1 April. 

April Mop dirayakan selama beberapa abad oleh budaya yang berbeda-beda. Pada saat melakukan lelucon, biasanya orang-orang akan berteriak "April Mop!". 

Lalu, seperti apa sejarah April Mop? 

Baca Juga: Mengenal Equinox, Penyebab Cuaca Surabaya dan Sekitarnya Panas Menyengat

Sejarah April Mop

Dirangkum dari laman History.com, sejarah April Mop menurut beberapa sejarawan dimulai pada 1582. Pada saat itu Perancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian.

Dalam Kalender Julian, tahun baru dimulai dengan perhitungan awal musim semi sekitar 1 April. Sementara, di kalender Gregorian, tahun baru dimulai pada 1 Januari. 

Mereka yang tidak mengetahui pergantian kalender tersebut akan tetap merayakan tahun baru pada 1 April dan menjadi bahan lelucon "orang bodoh di bulan April" atau "April fools". 

Baca Juga: Menyoal Kenaikan Harga BBM

Orang-orang ini akan disebut dengan poisson d’avril (ikan bulan April) yang diartikan sebagai lambang ikan yang mudah ditangkap dalam arti orang tersebut mudah tertipu.

Selain itu, sejarah April Mop juga dikaitkan dengan festival Hilaria yang berarti kegembiraan yang dirayakan di Roma Kuno pada akhir Maret oleh pengikut kultus Cybele. 

Dalam festival ini orang-orang menyamar dan mengejek sesama warga. Hal ini terinspirasi oleh legenda Mesir Isis, Osiris dan Seth.

Ada juga pendapat bahwa sejarah April Mop terkait dengan vernal equinox, atau hari pertama musim semi di belahan Bumi Utara, ketika alam membodohi orang dengan cuaca yang berubah dan tidak dapat diprediksi.

Baca Juga: Mengenal Equinox, Penyebab Cuaca Surabaya dan Sekitarnya Panas Menyengat

Perayaan April Mop dengan lelucon 

Di Inggris, April Mop menyebar selama abad ke-18. Di Skotlandia, April Mop dirayakan selama dua hari. Dimulai dengan "berburu gowk", di mana orang dikirim untuk tugas palsu. Gowk adalah kata untuk burung kukuk, simbol untuk orang bodoh. 

Di zaman modern, masyarakat merayakan April Mop dengan membuat tipuan April Mop yang lebih rumit. 

Surat kabar, stasiun radio dan TV, serta situs web telah berpartisipasi dalam tradisi 1 April atau April Mop dalam melaporkan berita bohong yang keterlaluan untuk membodohi audiens mereka.

Demikian arti April Mop dan sejarah April Mop. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru