7 Makanan yang Mendukung Rutinitas Skincare dengan Efektif

Minggu, 05 Mei 2024 | 12:15 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
7 Makanan yang Mendukung Rutinitas Skincare dengan Efektif

ILUSTRASI. Makanan untuk mendukung rutinitas Skincare


KESEHATAN - JAKARTA. Kenali daftar makanan yang mendukung aktivitas skincare untuk pemula. Rangkaian perawatan tentu dapat didukung dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi.

Skincare (perawatan kulit) merujuk pada rangkaian produk dan rutinitas yang dirancang untuk menjaga kesehatan, kebersihan, dan penampilan kulit.

Tujuannya adalah untuk menjaga kulit tetap sehat, mencegah masalah kulit, dan meningkatkan penampilan kulit.

Produk skincare dapat melibatkan pembersih, toner, serum, pelembap, tabir surya, dan produk-produk khusus lainnya yang dirancang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit.

Baca Juga: Manfaat Buah Kedondong untuk Menurunkan Kolesterol, Cek 7 Khasiat Lainnya

Pola konsumsi pendukung skincare

Kulit glowing

Agar hasil maksimal, Anda bisa konsumsi makanan pilihan yang mendukung kesehatan kulit wajah. Pilihan makanan juga memainkan peran penting dalam mendukung kesehatan kulit dalam jangka waktu tertentu.

Kulit wajah tentu membutuhkan beberapa zat yang sama seperti pada kandungan skincare seperti vitamin C hingga kolagen.

Ada banyak makanan yang mendukung kesehatan kulit dan dapat dimasukkan ke dalam pola makan yang seimbang. Untuk itu, ada sembilan makanan yang menyehatkan kulit dan mendukung rutinitas skincare

Periksa minuman dan makanan pendukung skincare yang wajib Anda konsumsi dilansir dari Good RX.

Baca Juga: 8 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Tubuh dan Mental yang Menakjubkan

1. Buah dan sayuran kaya vitamin C

Buah seperti paprika manis, kiwi, brokoli, dan jeruk, dapat menjadi tambahan yang baik dalam perawatan kulit. Vitamin C tidak hanya berperan sebagai antioksidan yang merangsang produksi kolagen, tetapi juga melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.

2. Buah-buahan mengandung polifenol

Konsumsi buah seperti anggur, delima, dan beri, juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Polifenol berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan dan peradangan, serta membantu menjaga keutuhan struktur kulit.

3. Buah dan sayuran yang kaya beta-karoten

Daftar makanan tersebut antara lain melon, wortel, mangga, dan kangkung. Kandungan beta karoten bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Senyawa beta-karoten merupakan prekursor vitamin A yang membantu mengurangi kerutan dan peradangan, sehingga penting untuk dimasukkan dalam perawatan kulit.

4. Kedelai

Bahan alami ini ditemukan dalam makanan seperti tahu dan edamame, dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan mengandung isoflavon yang meniru estrogen manusia.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kedelai atau penggunaan ekstrak kedelai secara topikal dapat mengurangi kerutan halus dan meningkatkan hidrasi serta elastisitas kulit.

Susu kedelai

5. Ikan berlemak

Konsumsi salmon, trout, mackerel, dan sarden yang tinggi asam lemak omega-3 dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Lemak ini dapat mengurangi peradangan yang berkaitan dengan kondisi kulit seperti dermatitis atopik, psoriasis, dan jerawat.

6. Kacang-kacangan

Makan almond dan biji-bijian yang tinggi mengandung lemak omega-3, seperti rami, rami, chia, dan kenari, dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan secara teratur dapat mengurangi kerutan wajah dan hiperpigmentasi, serta melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

7. Minum air secukupnya

Air mineral juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Konsumsi air yang cukup membantu menjaga kelembapan kulit dan fisiologi kulit yang normal.

Kombinasi dari pola makan yang sehat dan perawatan kulit yang tepat merupakan kunci untuk mencapai kulit wajah yang sehat dan bersinar.

Dengan memasukkan makanan-makanan ini ke dalam diet sehari-hari, Anda dapat mendukung kesehatan kulit secara alami dan menyeluruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru