Panduan Upacara Hardiknas 2024 & Link Download Logo Hari Pendidikan Nasional

Selasa, 30 April 2024 | 08:49 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Panduan Upacara Hardiknas 2024 & Link Download Logo Hari Pendidikan Nasional

ILUSTRASI. Panduan Upacara Hardiknas 2024 & Link Download Logo Hari Pendidikan Nasional


Link Download Logo Hardiknas 2024 - Jakarta. Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) akan diperingati pada 2 Mei 2024. Berikut panduan upacara Hardiknas 2024 secara resmi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek). Catat juga link download logo Hardiknas 2024.

Pemerintah menetapkan tanggal 2 Mei sebagai Hardiknas. Peringatan Hardiknas untuk mengenang hari kelahiran Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara pada 2 Mei 1889.

Penetapan 2 Mei sebagai Hardiknas berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1961 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur. Oleh karena itu, peringatan Hardiknas bukan sebagai hari libur nasional.

Sebaliknya, saat Hardiknas ada upacara khusus yang selalu diselenggarakan di sekolah. Berikut panduan upacara Hardiknas 2024 sesuai instruksi Kemendikbud-Ristek:

Panduan upacara Hardiknas 2024

Upacara Hardiknas 2024 diselenggarakan pada 2 Mei 2024 pukul 07.30 WIB. Upacara bendera diadakan secara luring atau tatap muka di kantor Kemendukbudristek, Kementerian Agama, kantor pemerintah, kantor dinas pendidikan dan kebudayaan, kampus perguruan tinggi, satuan pendidikan di seluruh Indonesia, serta kantor perwakilan Indonesia dan satuan pendidikan di luar negeri.

Peserta upacara Hardiknas 2024 wajib memakai pakaian adat tradisional sesuai norma kepantasan. Setelah upacara bendera, peringatan Hardiknas dilanjurkan dengan melaksanakan aktivitas atau kegiatan lain dengan tujuan memeriahkan peringatan ini.

Baca Juga: 25 Twibbon Hari Pendidikan Nasional 2024 Peringatan Setiap 2 Mei, Simpan Bingkainya

 

Ketentuan umum Hardiknas 2024
a. Menetapkan bahwa seiring peringatan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2024, bulan Mei tahun 2024 juga dicanangkan sebagai bulan Merdeka Belajar.
b. Menetapkan bahwa tema peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 adalah “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.
c. Menetapkan logo peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 sebagai berikut.
d. Logo Hari Pendidikan Nasional serta Sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dapat diunduh di laman www.kemdikbud.go.id.
e. Mengimbau agar instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri turut memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional  Tahun 2024 melalui berbagai media publikasi cetak, elektronik, serta media sosial dengan menggunakan logo dan tema di atas.

Ragam aktivitas Hardiknas 2024
Mengimbau agar instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dapat
a. menyelenggarakan aktivitas/kegiatan untuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 dan bulan Merdeka Belajar 2024 secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar, serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik,
b. mengunggah konten publikasi peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 dan bulan Merdeka Belajar 2024 di media sosial dengan menggunakan tagar #Hardiknas2024 #LanjutkanMerdekaBelajar

Link download logo Hardiknas

Kemendikbud-Ristek juga telah menetapkan logo peringatan Hardiknas 2024. Logo Hardiknas 2024 yang dipilih berwujud bintang dengan perpaduan warna biru, hijau, dan kuning. Logo bintang ini juga digunakan dalam peringatan Hardiknas sebelumnya. Namun, ada perubahan tulisan di bawah logo menyesuaikan tahun peringatannya.

Dikutip dari laman Kemendikbud, logo Hardiknas memiliki tiga elemen berupa Bintang, Keceriaan, dan Pena. Berikut makna filosofis logo Hardiknas.

1. Bintang: menggambarkan semangat Hardiknas yang selaras dengan visi dan misi pemerintah untuk melahirkan generasi Indonesia yang cerdas berkarakter. Bintang dengan garis luwes menggambarkan semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman yang sangat dinamis.

2. Keceriaan: menggambarkan suasana pendidikan Indonesia yang menggembirakan, penuh dengan antusiasme, dan gotong royong, serta partisipasi publik.

3. Pena: menggambarkan proses pendidikan sebagai sebuah proses penciptaan mahakarya yang memerlukan perpaduan holistik antara kemampuan intelektual, emosional, dan spritual dalam pelaksanaannya.

Logo Hardiknas 2024 dapat diunduh melalui link ini.

Logo Merdeka Belajar dapat diunduh melalui link ini.

Logo Tut Wuri Handayani dapat diunduh melalui link ini.

 

Itulah panduan upacara Hardiknas 2024 menurut Kemendikbud-Ristek dan link download logo Hardiknas 2024. Selamat menyambut Hardiknas 2024.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru