10 Manfaat buah belimbing, bisa menurunkan berat badan

Selasa, 12 Oktober 2021 | 20:45 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
10 Manfaat buah belimbing, bisa menurunkan berat badan

KONTAN.CO.ID -  Ada beragam manfaat buah belimbing untuk kesehatan tubuh. Serta, banyak khasiat yang bisa diambil dari buah ini. 

Selain lezat sebagai kudapan, manfaat belimbing juga dipakai sebagai pengobatan tradisional. Buah dengan nama latin Averrhoa carambola ini termasuk dalam golongan buah-buahan tropis.

Dikutip dari Healtline, buah belimbing sangat kaya nutrisi. Setiap 91 gram belimbing mengandung serat 3 gram, protein 1 gram, vitamin C 52% dari kebutuhan harian, vitamin B5 4% dari kebutuhan harian.

Lalu, folat sebesar 3% dari kebutuhan harian, tembaga 6% dari kebutuhan harian, potassium sebesar 3% dari kebutuhan harian, dan magnesium sebesar 2% dari kebutuhan harian.

Buah belimbing diketahui mengandung zat senyawa  yang sangat baik, termasuk quercetin, asam galat, dan epikatekin. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Dalam sebuah uji coba pada tikus, senyawa dalam buah belimbing ini telah terbukti mengurangi risiko pembentukan hati dalam hati dan kolesterol.

Terlebih lagi, beberapa bukti dari penelitian pada hewan menunjukkan bahwa gula dalam buah belimbing dapat mengurangi peradangan.

Baca Juga: Kreasi Bikin Garang Asem Ayam Khas Jawa Tengah, Yuk Moms!

10 Manfaat buah belimbing

Dirangkum dari laman Healthifyme, berikut adalah 10 manfaat buah belimbing bagi kesehatan: 

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Belimbing mengandung sejumlah besar serat makanan. Sehingga, manfaat belimbing dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan mencegah kembung dan kram perut.

Hal ini membantu mengatur pergerakan usus. Vitamin B dalam buah memastikan untuk mempertahankan tingkat enzim normal.

2. Meningkatkan kualitas kulit dan rambut

Kandungan vitamin C di dalamnya sangat penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen yang dapat memberikan kilau sehat bagi kulit dan rambut. 

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat penting lainnya dari vitamin C adalah kemampuannya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Itu membuat buah belimbing ideal untuk dikonsumsi selama musim flu.

Sistem kekebalan yang lebih kuat dapat membantu melawan infeksi dalam tubuh.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Makanan Bergizi untuk Kelinci Peliharaan

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru