10 Obat Asam Urat Alami Herbal, Salah Satunya Jahe

Sabtu, 11 Februari 2023 | 13:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
10 Obat Asam Urat Alami Herbal, Salah Satunya Jahe


KESEHATAN - Asam urat adalah sejenis radang sendi yang menyebabkan rasa sakit yang mirip dengan osteoartritis. Ada banyak obat asam urat alami apabila Anda enggan mengonsumsi obat-obatan kimia. 

Penyakit asam urat disebabkan oleh penumpukan asam urat yang tinggi dalam darah. Asam urat kemudian menumpuk di persendian, menyebabkan peradangan dengan rasa tidak nyaman dan nyeri.

Asam urat dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. 

Baca Juga: Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat, Simak Tips Mencegah Tak Kambuh Lagi

Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat. Tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. 

Umumnya, penyakit asam urat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun. Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause.

Selain meresepkan obat, Anda juga juga bisa memilih alternatif obat asam urat alami. Obat alami asam urat bisa berasal dari tanaman rempah hingga buah dan sayur.

Lantas, apa saja obat asam urat alami? 

Baca Juga: Bisa Tampak di Wajah dan Mata, Ini 3 Gejala Tekanan Darah Tinggi di Pagi Hari

Obat asam urat alami

Obat alami asam urat

Nah berikut ini beberapa obat asam urat alami sebagaimana dilansir dari laman Healthline:

1. Buah ceri

Ceri adalah salah satu obat asam urat alami paling ampuh. Merujuk pada penelitian pada 2016, ceri baik dalam bentuk ekstrak, sebagai jus, atau mentah, adalah pengobatan rumahan untuk penyembuhan asam urat. 

Satu studi di tahun 2012 juga menyarankan ceri sebagai obat alami untuk asam. Penelitian ini merekomendasikan untuk mengonsumsi ceri sebanyak tiga buah per hari selama dua hari.

Baca Juga: Asam Urat Bisa Picu Peradangan di Lutut, Ini Cara Mengobatinya di Rumah

2. Makanan yang mengandung magnesium

Obat asam urat alami kedua adalah magnesium. Magnesium adalah mineral makanan. Beberapa ahli mengklaim magnesium baik untuk asam urat karena kekurangan zat ini dapat memperburuk inflamasi kronis dalam tubuh. Namun, belum ada penelitian yang membuktikannya.

Kemudian, sebuah studi pada 2015 menunjukkan bahwa asupan magnesium yang cukup dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih rendah dan lebih sehat, sehingga berpotensi menurunkan risiko asam urat. 

Selain makanan kaya magnesium, Anda juga bisa mencoba mengonsumsi magnesium dalam bentuk suplemen.

Baca Juga: Tanda-Tanda Penyakit Liver Dari Tahap Awal Sampai Lanjut

3. Jahe

Jahe adalah bumbu rempah yang sering  digunakan untuk mengatasi peradangan. Sehingga, jahe adalah salah satu obat asam urat alami yang cukup ampuh. 

Satu studi menemukan jahe mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat. Studi lain menunjukkan bahwa pada subjek dengan kadar asam urat tinggi (hiperurisemia), kadar asam urat mereka berkurang dengan jahe. 

Untuk dijadikan obat asam urat alami, buatlah kompres atau pasta jahe dengan campuran 1 sendok makan jahe segar parut ditambah air mendidih. 

Rendam waslap dalam campuran jahe tersebut. Setelah dingin, tempelkan waslap ke area yang terasa sakit setidaknya sekali sehari selama 15 hingga 30 menit.

Baca Juga: Bisa Buat Kolesterol Meroket, Ini Makanan Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi

Obat asam urat alami

4. Air hangat dengan cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit sering direkomendasikan untuk obat asam urat alami. Jika dicampur, ketiganya bisa dijadikan minuman dan obat yang menyehatkan.

Campur satu setengah lemon yang diperas ke dalam air hangat. Tambahkan dengan dua sendok teh kunyit dan satu sendok teh cuka sari apel. Sesuaikan dengan selera. Minum dua sampai tiga kali per hari.

Baca Juga: Catat Yuk, 8 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

5. Seledri atau biji seledri

Seledri adalah makanan tradisional yang digunakan untuk mengobati masalah kencing. Namun, sejak lama seledri juga digunakan sebagai obat alami asam urat.

Cobalah makan seledri setiap hari, terutama batang seledri mentah. Bisa juga seledri dibuat jus untuk dikonsumsi. Jika membeli ekstrak atau suplemen, ikuti petunjuk label dengan cermat.

Baca Juga: Cara Pengobatan Asam Urat yang Menyerang Lutut di Rumah

6. Teh jelatang

Jelatang (Urtica dioica) adalah obat asam urat alami yang dapat mengurangi peradangan dan nyeri. Untuk mendapatkan khasiatnya, daun jelatang bisa dibuat teh. 

Untuk mencoba teh daun jelatang, seduh satu hingga dua sendok teh jelatang kering per cangkir air. Minum hingga tiga gelas per hari.

Baca Juga: 7 Gejala Asam Urat Menyerang Lutut, Apa Penyebabnya?

Obat asam urat alami

7. Dandelion

Teh, ekstrak, dan suplemen dandelion dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan hati dan ginjal. Selain itu, dandelion juga bisa dijadikan obat asam urat alami.

Dandelion dapat menurunkan kadar asam urat pada mereka yang berisiko mengalami cedera ginjal, seperti yang ditunjukkan dalam studi tahun 2013 dan studi tahun 2016 yang dilakukan pada tikus. 

Untuk dijadikan obat alami asam urat, Anda bisa menggunakan teh dandelion, ekstrak, atau suplemen.

Baca Juga: Penyakit Dengan Ciri-Ciri Seperti Asam Urat, Cek Akibat Asam Urat Tinggi Tak Diobati

8. Kembang sepatu

Hibiscus atau kembang sepatu adalah obat alami asam urat. Satu penelitian menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat menurunkan kadar asam urat, meskipun penelitian ini dilakukan pada tikus.

Untuk dijadikan obat asam urat alami, gunakan suplemen, teh, atau ekstrak Hibiscus. Ikuti petunjuk label dengan cermat.

Baca Juga: Cara Konsumsi Sawi Putih untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

9. Apel

Obat asam urat alami berikutnya adalah apel. Banyak klaim apel mengandung asam malat, yang menurunkan asam urat.

Namun, tidak ada penelitian yang mendukung apel bisa digunakan untuk obat asam urat alami. Namun, apel juga mengandung fruktosa, yang dapat memicu hiperurisemia, yang menyebabkan serangan asam urat.

Makan satu apel per hari baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Ini mungkin sedikit bermanfaat untuk asam urat, selama tidak berlebihan.

Baca Juga: Bikin Maag, Ini Dampak Buruk Konsumsi Vitamin C Berlebihan

10. Garam epsom

Beberapa orang merekomendasikan mandi garam epsom untuk mencegah serangan asam urat. Idenya adalah garam epsom kaya akan magnesium, yang dapat menurunkan risiko asam urat.

Namun, penelitian menunjukkan magnesium tidak dapat diserap secara memadai melalui kulit untuk memberikan manfaat kesehatan apa pun.

Untuk mencoba garam epsom sebagai obat asam urat alami, campurkan satu hingga dua cangkir garam epsom di bak mandi. Rendam seluruh tubuh atau hanya sendi tertentu untuk meredakan gejala asam urat.

Itulah sederet obat asam urat alami yang bisa Anda coba di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru