10 Tips Persiapan Mengemudi Jarak Jauh dengan Mobil untuk Mudik Lebaran 2023

Selasa, 18 April 2023 | 10:30 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
10 Tips Persiapan Mengemudi Jarak Jauh dengan Mobil untuk Mudik Lebaran 2023

ILUSTRASI. Ini 10 Tips Persiapan Mengemudi Jarak Jauh dengan Mobil untuk Mudik Lebaran 2023. KONTAN/Baihaki


MUDIK LEBARAN - JAKARTA. Ketahui tips persiapan mengemudi jarak jauh dengan mobil. Jelang Lebaran 2023, tentu mudik menjadi salah satu kegiatan yang dijalani sebagian besar masyarakat Indonesia.

Opsi dalam melakukan mudik cukup beragam dengan berbagai moda transportasi umum maupun pribadi.

Salah satu pilihan mudah dengan infrastruktur yang sudah memadai tentu mengendarai mobil pribadi. Mengemudi mobil jarak jauh bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, namun persiapannya tidak bisa diabaikan.

Ada beberapa tips persiapan mengemudi mobil jarak jauh agar dapat melindungi diri dan penumpang dan menghindari masalah selama perjalanan.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Mengemudi Agar Mudik Aman

Tips Persiapan Mengemudi Jarak Jauh dengan Mobil untuk Mudik Lebaran 2023

Sebelum berangkat, Anda memastikan dokumen kendaraan seperti STNK, BPKB, dan asuransi kendaraan dalam kondisi lengkap, serta membawa SIM dan KTP Anda.

Tidak lupa, Anda juga menyiapkan kondisi kendaraan mobil agar tetap prima diajak untuk perjalanan jauh.

Selain itu ada beberapa tips lainnya yang wajib diketahui oleh Anda sebagai pemudik di Lebaran 2023.

Simak beberapa tips persiapan mengemudi jarak jauh dengan mobil dilansir dari Carzone.

Baca Juga: Tips Berkendara saat Mudik Lebaran yang Aman, Pemudik Wajib Tahu

Tips persiapan mengemudi jarak jauh dengan mobil

1. Periksa oli mobil

Tips persiapan mengemudi jarak jauh dengan mobil

Pertama, Anda bisa menerapkan awal pemeriksaan pada mobil yakni pada bagian Oli. Komponen oli di mesin mobil sangat penting untuk melumasi bagian yang bergerak di dalamnya dan oleh karena itu untuk kesehatan jangka panjangnya.

Anda kemungkinan besar akan mogok di tempat yang jauh dan terpencil jika oli mobil sudah tua dan rusak, atau hanya pada level rendah.

Oleh karena itu, isi ulang dengan tingkat oli yang relevan untuk mesin Anda – ini akan ada di buku pegangan pemilik atau kadang-kadang bahkan dicetak pada plakat di ruang mesin mobil.

2. Periksa ban

Kondisi yang harus memastikan adalah ban memiliki tapak yang lebih dari standar minimum dan dipompa dengan benar di awal semua perjalanan.

Terlebih lagi, Anda akan melewati medan berat dan apalagi perjalanan darat jarak jauh.

Apabila kondisi ban sudah memburuk, pastikan untuk menggantinya agar aman saat menempuh jarak ratusan kilometer.

3. Periksa cairan pendingin

Tips aman berkendara adalah memeriksa bagian cairan pendingin. Cek mesin Anda terlalu panas karena level cairan pendingin terlalu rendah, bisa terdampar kapan saja.

Pendingin mesin bukan hanya menuangkan air ledeng ke dalam radiator; Anda memerlukan campuran khusus antara air deionisasi dan antibeku.

Sehingga, periksa apa yang Anda perlukan dan pastikan tangki cairan pendingin di ruang mesin terisi penuh.

4. Periksa Lampu

tips persiapan mengemudi jarak jauh

Semua bola lampu pada kendaraan harus berfungsi dengan benar; berangkat dengan bohlam yang rusak dan Anda cenderung mengganggu.

Bohlam pengganti biasanya hanya berupa sen, dan memasangnya sebagian besar merupakan pekerjaan yang tidak sulit namun sangat penting.

5. Periksa cairan pencuci

Sebelum melewati berbagai medan yang bisa menyebabkan kotor bagian mobil, siapkan dan Isi ulang cairan pencuci eksterior.

Tentu, sekali lagi dengan campuran cairan pembersih khusus (dibeli dari sebagian besar toko motor) dan air sehingga Anda dapat membersihkan kaca saat bepergian.

6. Kemas dengan hati-hati

Sebuah perjalanan panjang mungkin membutuhkan banyak barang yang harus Anda bawa.

Pastikan untuk tidak membebani bagasi mobil mana pun dengan beban yang banyak. Jika Anda melakukannya, itu dapat mengubah perpindahan bobot kendaraan dan membuat kemudi Anda kurang efektif.

Sehingga, langkah terakhir adalah mencoba dan sebarkan beban di beberapa bagian bawah kursi penumpang.

7. Isi bahan bakar pada malam sebelum berangkat

tips persiapan mengemudi jarak jauh

Tips persiapan mengemudi aman selanjutnya adalah mendapatkan bahan bakar yang penuh dan cukup sebelum Anda berangkat, saat mobil kosong.

Anda akan membutuhkan tangki penuh untuk menempuh jarak jauh dan setelah kendaraan terisi penuh dengan semua perlengkapan dan teman perjalanan.

8. Bawa perlengkapan darurat

Kemudian, pastikan Anda sudah menyiapkan perlengkapan darurat seperti kotak Pertolongan Pertama, sekop, beberapa tali atau kabel penarik, segitiga peringatan, obor, rompi Hi-Viz dan mungkin bensin cadangan di dalam jumlah kecil.

Semua ini untuk berjaga-jaga jika yang terburuk datang ke yang terburuk dan Anda juga putus. turun, kehabisan bensin/solar, atau macet saat kondisi buruk.

Bahkan jika mobil Anda baru dan kemungkinan besar tidak akan habis dalam perjalanan jauh.

9. Pastikan makanan dan minuman cukup

Semakin lama Anda bepergian, semakin besar kemungkinan terjebak dalam waktu lama di kemacetan lalu lintas.

Anda pasti ingin menghindari lapar dan dehidrasi dalam keadaan stres seperti itu, jadi simpanan perbekalan onboard selalu merupakan ide yang bagus.

10. Bawa peta jalan

tips persiapan mengemudi jarak jauh

Siapkan perlengkapan lain seperti peta berbentuk cetak saat kondisi darurat. Tentu, di tengah perjalanan maps pada HP bisa saja tidak menangkap posisi dengan baik.

Sehingga, tidak ada salahnya menyiapkan file hard-copy kuno dalam bentuk atlas bukanlah sesuatu yang harus Anda hindari.

Anda mungkin tidak akan pernah membutuhkannya, tetapi ini adalah pendekatan untuk bernavigasi di tempat yang tidak dikenal dengan baik.

Demikian beberapa tips persiapan mengemudi jarak jauh dengan mobil pribadi yang wajib diketahui oleh pemudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru