Persiapan Mudik Lebaran 2023 Untuk Pengguna Mobil Pribadi

Jumat, 14 April 2023 | 21:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Persiapan Mudik Lebaran 2023 Untuk Pengguna Mobil Pribadi


MUDIK LEBARAN - Mendekati hari Lebaran, umat Islam bersiap untuk mudik Lebaran ke kampung halaman. Sebelum melakukannya, ada beberapa persiapan mudik Lebaran yang perlu dilakukan. 

Untuk itu, jika Anda dan keluarga sudah menyiapkan mudik Lebaran dengan mobil pribadi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan secara menyeluruh agar aman dan nyaman.

Selain kondisi lalu lintas di jalan, kesiapan fisik prima bagi pengemudi dan penumpang, serta wahana transportasi juga perlu diperhatikan. 

Baca Juga: 6 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Kereta

Sebelum mudik, Anda harus mengecek kondisi mobil dengan memeriksa sistem kelistrikan, air radiator, kaki-kaki mobil, minyak rem hingga wiper. 

Untuk itu, Benny Fajarai selaku Co-Founder dan CMO Lifepal.co.id, mengungkapkan beberapa tips persiapan mudik Lebaran menggunakan mobil agar aman dan nyaman: 

Baca Juga: 6 Tips Cara Mencegah dan Mengatasi Mabuk Perjalanan saat Mudik

1. Cek sistem kelistrikan mobil

Sebelum mudik, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa kondisi sektor kelistrikan mobil.

Pasalnya, komponen kelistrikan mobil penting dicek dan dirawat lantaran kelistrikan berasal dari aki yang mampu mempengaruhi beragam performa komponen mobil yang lain, seperti lampu sampai starter.

Baca Juga: Ramalan Cuaca Besok (13/4) di Jateng, BMKG: Semarang, Surakarta, Tegal Berawan

2. Ganti oli mobil

Selain kelistrikan, komponen penting lainnya yang perlu dicek berkala adalah oli. Sebagai pelumas, oli bisa menjaga mesin mobil tidak akan mengalami overheat.

Terdapat beberapa jenis oli dalam mobil dengan masa berlaku berbeda-beda, yaitu oli mesin, oli transmisi, oli rem, oli power steering, dan oli gardan.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Seharusnya Tidak Anda Lakukan Saat Menyambut Tamu

Agar mobil tetap nyaman dan terjaga performanya, oli mesin butuh diganti jika sudah menempuh jarak 5.000 km.

Oli transmisi pada mobil manual diganti jika mobil telah menempuh jarak 10.000 km, pada mobil matic diganti setiap kelipatan 20.000 km. Sedangkan oli gardan diganti bersamaan dengan oli transmisi.

Baca Juga: Mudik Lebaran, Bridgestone Imbau Pengendara Mobil Pribadi Melakukan Pengecekan Ban

3. Periksa kondisi ban dan kaki-kaki mobil

Komponen lainnya yang tidak boleh ketinggalan untuk dicek saat akan mudik atau bepergian jauh adalah ban mobil. Periksalah permukaannya, apakah masih bagus atau sudah botak.

Jika permukaannya sudah halus, ganti ban mobil Anda dengan yang baru. Sebab, daya cengkraman ban mobil yang botak tidak maksimal, sehingga dapat membuat ban berpotensi terselip di jalanan yang licin.

Baca Juga: 6 Hal Penting Ini Perlu Diperhatikan Sebelum Tinggalkan Rumah Sebelum Mudik

Selain itu, Anda dapat memperhatikan tekanan anginnya normal atau tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. 

Tekanan angin ban mobil penting diperhatikan kondisinya karena dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan saat berkendara, terutama saat melewati jalanan bergelomang, berlubang atau tidak rata.

Tak hanya ban saja, bagian kaki-kaki mobil juga penting diperhatikan lantaran merupakan komponen krusial, baik dari sisi kenyamanan maupun keselamatan berkendara.

Baca Juga: 9 Makanan Tinggi Kalori yang Sebaiknya Dihindari Saat Diet

4. Periksa kondisi AC mobil

Bagian pendingin udara atau Air Conditioner (AC) juga menjadi komponen lainnya yang penting diperiksa saat hendak melakukan perjalanan jauh dengan mobil pribadi.

Untuk membuat kualitas AC mobil senantiasa terjaga, penting buat Anda melakukan beberapa perawatan.

Baca Juga: Mau Mudik Pakai Bus atau Kereta Api? Ikuti 6 Tips Mudik dengan Kendaraan Umum Ini Ya!

5. Proteksi kendaraan dengan asuransi

Yang tak kalah penting dilakukan sebelum menjalani perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi adalah perlu dipersiapkan dengan matang. 

Untuk itu, cek kondisi dan performa mobil untuk memastikan keselamatan dan keamanan selama di perjalanan.

Untuk memberikan rasa tenang, Anda bisa memberikan proteksi finansial pada kendaraan dengan asuransi mobil yang dapat menanggung biaya perbaikan akibat kerusakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru