CLOSE [X]

11 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli iPhone Bekas untuk Pemula

Sabtu, 12 Oktober 2024 | 12:00 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
11 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli iPhone Bekas untuk Pemula

ILUSTRASI. Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli iPhone Bekas untuk Pemula


TIPS & TRIK - JAKARTA. Sebelum membeli iPhone bekas, ada baiknya mempelajari beberapa tips untuk memastikan keamanan transaksi. Saat ini, iPhone bekas banyak tersedia baik di toko fisik maupun online.

Bagi pecinta teknologi, iPhone bekas sering kali menjadi pilihan yang menarik, terutama untuk kategori flagship karena harganya yang lebih terjangkau.

Melakukan beberapa langkah sebelum membeli iPhone bekas bisa menjadi keputusan cerdas demi mendapatkan perangkat berkualitas dengan harga yang lebih murah.

Namun, penting untuk memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan membeli iPhone bekas agar Anda mendapatkan produk sesuai harapan.

Baca Juga: Cara Offload Apps iPhone untuk Hapus Cache Aplikasi yang Tidak Digunakan

Tips membeli iPhone bekas

iPhone 14

Meskipun ada perbedaan antara iPhone baru dan bekas, iPhone bekas sering dianggap sebagai alternatif menarik karena harganya yang lebih rendah.
Anda perlu melakukan persiapan dan pengecekan ekstra, terutama jika membelinya dari pihak yang bukan toko resmi Apple.

Panduan membeli iPhone bekas dapat membantu calon pembeli dalam menemukan perangkat berkualitas dari berbagai sumber, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pahami persiapan dalam membeli iPhone bekas yang bisa menajdi pertimbangan dilansir dari situs Make Use Of.

Saat membeli iPhone bekas, langkah-langkah berikut dapat membantu Anda memastikan bahwa perangkat yang Anda dapatkan adalah berkualitas dan sesuai dengan harapan.

Baca Juga: Cara Menggunakan WhatsApp di 2 HP Sekaligus Tanpa Ganti Nomor, Manfaatkan Fitur ini

1. Periksa Kondisi Fisik

Teliti secara menyeluruh kondisi fisik iPhone bekas yang ingin Anda beli. Perhatikan adanya goresan, retak, atau kerusakan lainnya pada layar, bodi, atau bagian lainnya. Pastikan juga semua tombol fisik dan komponen lainnya berfungsi dengan baik.

2. Verifikasi Keaslian

Pastikan iPhone bekas yang Anda beli adalah produk asli dan bukan barang palsu atau replika. Periksa nomor seri dan IMEI yang tertera pada kotak iPhone dan cocokkan dengan yang tertera di pengaturan iPhone.

3. Cek Nomor Seri

Selain nomor IMEI, Apple memberikan nomor seri pada semua perangkatnya untuk validasi garansi. Minta penjual untuk memeriksa nomor seri iPhone melalui pengaturan. Nomor seri juga dapat memberikan informasi mengenai waktu dan lokasi produksi iPhone.

4. Tanyakan Riwayat Perawatan

Tanyakan kepada penjual tentang riwayat perawatan iPhone bekas tersebut, apakah pernah diperbaiki atau diganti komponen tertentu. Informasi ini dapat memberikan gambaran tentang sejarah perawatan iPhone dan memastikan bahwa perbaikan dilakukan dengan baik.

5. Periksa Kesehatan Baterai

Tanyakan kepada penjual tentang umur dan kondisi baterai iPhone bekas. Periksa apakah kesehatan baterai dapat menyebabkan masalah, sehingga perlu diganti dalam waktu dekat.

6. Verifikasi Keaslian Aksesori

Pastikan iPhone bekas dilengkapi dengan aksesori asli seperti charger, kabel data, dan earphone. Aksesori asli dapat menunjukkan bahwa iPhone tersebut masih terawat dengan baik.

7. Periksa Jaringan dan Layanan

Pastikan iPhone tidak terkunci pada jaringan tertentu dan dapat digunakan dengan kartu SIM dari operator seluler yang Anda gunakan. Periksa juga apakah layanan seperti iCloud tidak terkunci atau terkait dengan akun Apple sebelumnya.

8. Uji Kinerja

Anda perlu melakukan pengujian terhadap kinerja iPhone bekas, termasuk responsivitas layar sentuh, fungsi tombol, kamera, dan fitur lainnya. Uji juga konektivitas Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS, serta coba untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan.

9. Perhatikan Harga yang Wajar

Anda perlu melakukan riset harga pasar sebelum membeli iPhone bekas untuk memastikan bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan kondisi dan spesifikasi perangkat. Hati-hati terhadap harga yang terlalu murah karena bisa jadi terdapat masalah tersembunyi.

10. Dapatkan dan Simpan Bukti Pembelian

Minta penjual untuk memberikan salinan tanda terima asli, baik dalam bentuk lunak maupun keras. Dokumen ini penting karena dapat memberikan informasi mengenai kepemilikan sebelumnya dan status garansi iPhone.

Melalui tanda terima ini, Anda dapat mengetahui apakah penjual adalah pemilik pertama dan apakah iPhone masih dalam garansi.

11. Ketahui Kebijakan Garansi dan Pengembalian

Pastikan Anda memahami kebijakan garansi dan pengembalian dari penjual. Lebih baik membeli dari penjual yang menawarkan jaminan garansi pribadi, meskipun iPhone bekas tidak lagi memiliki garansi resmi dari Apple.

Jadi, pembidik iPhone bekas juga harus meluangkan waktu untuk membaca ulasan penjual dan mengklik profil pengulas untuk memastikan bahwa ulasan tersebut sah.

Dengan melakukan penelitian yang cermat, memeriksa kondisi fisik dan riwayat perawatan, serta membeli dari penjual yang terpercaya, Anda dapat memperoleh iPhone bekas yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan Anda.

Demikian penjelasan terkait  panduan mudah dalam pembelian iPhone bekas yang wajib diketahui untuk pemula.

Selanjutnya: 6 Cara Membakar Lemak Saat Tidur, Salah Satunya Makan Makanan Pedas

Menarik Dibaca: 6 Cara Membakar Lemak Saat Tidur, Salah Satunya Makan Makanan Pedas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru