20 Ucapan Hari Buku Nasional 2023 yang Penuh Semangat dan Inspirasi!

Rabu, 17 Mei 2023 | 08:56 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
20 Ucapan Hari Buku Nasional 2023 yang Penuh Semangat dan Inspirasi!

ILUSTRASI. Ucapan Hari Buku Nasional 2023.


HARI PENTING - Hari Buku Nasional 2023 (Harbuknas) diperingati setiap tanggal 17 Mei. Ucapan Hari Buku Nasional 2023 bisa digunakan untuk merayakan momen tersebut. 

 

Ucapan Hari Buku Nasional 2023 bisa digunakan sebagai caption di media sosial. Ucapan Hari Buku Nasional 2023 juga bisa menjadi cara untuk menumbuhkan semangat dan minat baca masyarakat Indonesia.

Sejarah Hari Buku Nasional ditetapkan berdasarkan tanggal berdirinya Perpustakaan Nasional, yaitu pada 17 Mei 1980. Harbuknas pertama kali dicetuskan oleh Abdul Malik Fadjar yang merupakan Menteri Pendidikan Nasional dalam Kabinet Gotong Royong. 

Baca Juga: 30 Quotes Hari Buku Nasional 2023 yang Penuh Inspirasi dan Semangat!

Waktu itu, Hari Buku Nasional dicetuskan untuk meningkatkan angka penjualan buku dan minat baca di Indonesia. Sebab, angka penjualan buku di Indonesia masih rendah dan tertinggal dari negara-negara tetangga. 

Untuk itu, ucapan Hari Buku Nasional 2023 diharapkan bisa menjadi pengingat mengenai hal tersebut. Apalagi ada banyak ucapan Hari Buku Nasional 2023 dari tokoh dan penulis nasional yang bisa diunggah di media sosial.

Lantas, seperti apa contoh ucapan Hari Buku Nasional 2023? 

Baca Juga: Biografi Abdul Malik Fadjar, Tokoh Muhammadiyah Pencetus Hari Buku Nasional 17 Mei

Ucapan Hari Buku Nasional 2023 

Ucapan Hari Buku Nasional 2023 bisa digunakan sebagai caption di media sosial.

Dirangkum dari laman resmi Kemdikbud dan Tribunnews.com, berikut adalah ucapan Hari Buku Nasional 2023: 

1. Selamat memperingati Hari Buku Nasional 2023! Mari kita terus mengembangkan minat baca serta mengapresiasi karya-karya penulis-penulis Indonesia yang luar biasa.

2. Banyak orang yang bilang, bahwa buku adalah jendela dunia. Apa buku yang terakhir kamu baca? Selamat Hari Buku Nasional 2023.

3. Membaca dapat mengubah pikiran seseorang. Selamat Hari Buku Nasional 2023.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Buku Nasional 2023 Penuh Makna dan Motivasi

4. Membaca buku adalah bagian dari hidup untuk maju. Selamat Hari Buku Nasional 2023.

5. Selamat Hari Buku Nasional 2023. Membaca buku, memuliakan ilmu, dan melembutkan qalbu.

6. Selamat merayakan Hari Buku Nasional 2023, sebuah hari yang bertujuan untuk menggerakkan masyarakat Indonesia menuju kebiasaan membaca.

7. Semoga semangat membaca terus membara di kalangan generasi muda, dan menginspirasi kita semua untuk selalu belajar dan berkembang. Selamat memperingati Hari Buku Nasional 2023.

8. Bacalah buku kapan pun kamu memiliki waktu, sebab pada dasarnya buku merupakan sahabat terbaik bagi dirimu sepanjang waktu. Selamat Hari Buku Nasional 2023.

Baca Juga: 30 Twibbon OSN 2023 Jenjang SD, SMP, hingga SMA untuk Jadi Foto Profil

9. Dalam momen Hari Buku Nasional ini, mari kita dedikasikan diri untuk memperkaya wawasan dan meningkatkan kualitas hidup kita melalui buku dan literasi.

10. Selamat memperingati Hari Buku Nasional! Mari kita hadirkan semangat menghargai baca untuk seluruh masyarakat Indonesia.

11. Selamat Hari Buku Nasional 2023! Mari kita ubah perilaku tidak suka membaca menjadi kontrol ketergantungan gadget dan membuka diri untuk berbagai informasi dari buku yang dibaca.

12. Buku tidak dibuat untuk hiasan. Tapi, tidak ada barang lain yang melengkapi perabot rumah yang begitu indah selain buku. Selamat Hari Buku Nasional 2023.

Baca Juga: Twibbon Hari Keluarga Internasional 2023 Lengkap dengan Ucapan untuk Dikirim ke Grup

13. Dalam semangat merayakan Hari Buku Nasional, mari kita terus memperbanyak referensi literatur yang kita baca, sehingga kesadaran kita terhadap banyak hal pun ikut meningkat menjadi lebih baik.

14. Dalam hari yang spesial ini, mari kita tingkatkan minat baca dan mengapresiasi keberadaan buku sebagai ladang pengetahuan dan nilai-nilai yang bermanfaat.

15. Jangan pernah meremehkan kekuatan satu buku. Satu kata yang bijak bisa mengubah hidupmu selamanya." - Unknown

16. "Hari Buku Nasional mengingatkan kita akan pentingnya literasi sebagai jembatan menuju masa depan yang lebih cerah." - Unknown

Baca Juga: 30 Twibbon OSN 2023 Jenjang SD, SMP, hingga SMA untuk Jadi Foto Profil

17. "Buku adalah harta karun yang tak ternilai. Mari menjaganya dan menyebarkannya kepada generasi mendatang." - Unknown

18. "Di dalam buku terdapat kekuatan yang menggerakkan dunia. Mari jadikan diri kita sebagai agen perubahan melalui bacaan yang bermutu." - Unknown

19. "Pembaca yang berani adalah pembuat perubahan. Mari bersama-sama merayakan Hari Buku Nasional dan memperkuat budaya literasi di negeri ini." - Unknown

20. "Buku adalah pemandu yang membawa kita melewati masa lalu, menghadapi hari ini, dan mempersiapkan kita untuk masa depan yang belum terjadi." - Unknown

21. "Hari Buku Nasional adalah momen untuk menyatukan hati dan pikiran kita melalui keindahan kata-kata yang terhimpun dalam buku-buku." - Unknown

Baca Juga: 30 Twibbon OSN 2023 Jenjang SD, SMP, hingga SMA untuk Jadi Foto Profil

22. "Buku adalah investasi terbaik yang bisa kita berikan kepada diri sendiri dan generasi mendatang." - Unknown

23. Buku adalah jendela dunia, teruslah membacanya. Selamat Hari Buku Nasional 2023. 

24. "Di setiap halaman buku, terdapat keajaiban yang menanti untuk ditemukan."

25. "Dalam buku, kita bisa menemukan teman-teman yang tak pernah meninggalkan kita."

Demikian kumpulan ucapan Hari Buku Nasional 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru