21 Quotes R.A. Kartini tentang Pendidikan dan Emansipasi yang Bisa Menjadi Inspirasi

Kamis, 21 April 2022 | 06:32 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
21 Quotes R.A. Kartini tentang Pendidikan dan Emansipasi yang Bisa Menjadi Inspirasi

ILUSTRASI. Ilustrasi quotes Kartini termasuk quotes Kartini tentang pendidikan.


KONTAN.CO.ID - Quotes R.A. Kartini banyak dicari oleh masyarakat saat peringatan Hari Kartini. Hari Kartini diperingati pada hari ini, Kamis, 21 April 2022. 

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat ditetapkan sebagai pahlawan kemerdekaan Indonesia dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No 108 Tahun 1964, pada tanggal 2 Mei 1964. 

Saat itu, Presiden Soekarno juga menetapkan hari lahir Kartini, yakni 21 April, sebagai Hari Kartini yang diperingati hingga saat ini. 

Baca Juga: 28 Link Twibbon Hari Kartini 2022 dan Cara Membagikannya di Media Sosial

Salah satu hal yang diperjuangkan oleh R.A. Kartini adalah pendidikan bagi kaum perempuan. Di masa Kartini, kaum perempuan di Indonesia memang sulit mendapatkan pendidikan dibandingkan kaum laki-laki. 

Dalam memperingati Hari Kartini 2022, biasanya instansi pemerintah dan institusi pendidikan mewajibkan para murid dan karyawannya memakai pakaian adat Indonesia, terutama kebaya. 

Namun, membagikan quotes R.A. Kartini 2022 termasuk qoutes Kartini tentang pendidikan dan emansipasi di media sosial juga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperingati momen tersebut. 

Baca Juga: Besok Hari Kartini, Ini Contoh Kata-Kata Ucapan untuk Dikirim Ke Kartini-Kartini Baru

21 Quotes RA Kartini

Dirangkum dari buku Celoteh R.A. Kartini: 232 Ujaran Bijak Sang Pejuang Emansipasi oleh Ahmad Nurcholish (2018) dan laman Goodreads, berikut adalah kumpulan quotes R.A. Kartini yang menginspirasi: 

1. “Bermimpilah, bermimpilah, dengan hal yang demikian hatimu merasa berbahagia, mengapatah akan tidak?” ― R.A. Kartini

2. “Barangsiapa tidak berani, dia tidak bakal menang, itulah semboyanku! Maju! Semua harus dimulai dengan berani! Pemberani-pemberani memenangkan tiga perempat dunia!” ― R.A. Kartini

3. “Cita-cita itu ialah memperindah martabat manusia, memuliakannya, mendekatkan pada Kesempurnaan.” ― R.A. Kartini, dalam Brieven Aan Mevrouw R.M. Abendanon Mandri En Haar Echtgenoot Met Andere Documenten

4. “Apakah gunanya memaksa orang laki-laki menyimpan uang, apabila perempuan yang memegang rumah tangga tiada tahu akan harga uang itu!” ― Raden Adjeng Kartini

Baca Juga: Daftar Tanggal Merah April 2022, Hari Besar Nasional dan Internasional

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru